image description

Saat libur lebaran tiba banyak dimanfaatkan untuk berlibur bersama keluarga, tak pelak saat lebaran kondisi tempat2 wisata selalu dipadati wisatawan lokal. Tempat wisata ramai pengunjung dan banyak masyarakat sekutar yang memanfaatkannya untuk meraup rejeki seperti menjajakan jasa atau makanan dan barang.

instagram-aripitstop

Namun tak jarang juga para pedagang yang curang memanfaatkan ramainya para wisatawan, seperti contohnya di Yogyakarta tepatnya di Malioboro yang merupakan salah satu ikon kota yogya ini. Banyak yang mengeluhkan para wisatawan makan masakan gudeg di lesehan sepanjang jalan Malioboro yang mendapatkan harga makanan yang terlampau tinggi tidak normal dari harga biasanya.

Seperti sedang ramai di medsos saat ini, dalam nota pembelian kuliner lesehan Malioboro yang beredar di Medsos, terlihat tiga porsi bebek goreng sebesar Rp96.000, ayam goreng empat porsi Rp120.000, gudeg ayam dua porsi Rp90.000, nasi putih tujuh porsi Rp80.000, segelas lemon tea Rp9.000, dua gelas es jeruk Rp18.000 dan empat gelas teh panas Rp32.000.

Dilansir dari solopos.com, pihak UPT Malioboro Jogja selaku pengurus wisata di Maliboro melakukan tindakan tegas dengan menutup warung yang bermasalah.

“Kemarin kami dapat info langsung tadi malam kami panggil dia [pemilik lesehan]. Kemudian kita [konfirmasi], dia memang sama harganya [antara yang tertera di papan informasi harga dengan nota], tapi tidak wajar, teh kok Rp8000, itu kan ra wajar, kalau Rp3000 atau Rp4000 itu masih bisa ditoleransi lah,” ungkap Kepala UPT Malioboro Jogja Teguh Syarif, Rabu (28/6/2017).

Teguh mengatakan, lesehan tersebut memang bukan pertama kalinya mematok harga tidak wajar. Bahkan pihaknya telah memasukkan warung itu dalam daftar hitam untuk dilakukan penindakan. Pada lebaran tahun sebelumnya, lesehan tersebut juga diduga mematok harga tinggi sehingga menimbulkan masalah terkait pariwisata.

20 KOMENTAR

  1. Kalo makan di tenda pinggir jalan, liat daftar menunya. Kalo ga dicantumin harga, tanyain harga per porsi ato tinggalin sekalian. Sekali” jadi konsumen mesti cerewet biar ga kejebak.

    • Setujuh..
      Kl ditempat baru mendingan tanya2 dulu, mendingan sedikit cerewet daripada nasi udah diperut pas bayar rasanya gak ridho. Parah emang mental sebagian orang yg jualan wkt liburan.

    • Betul, kalo di Malioboro harus tanya harga dulu sebelum beli kalo nggak ada daftar harga menu. Sudah terkenal warung lesehan Malioboro tukang pletek!!

  2. Kalo orang asli Jogja atau orang yg berasal dari Jogja gak bakalan makan di lesehan Malioboro…. Karena harganya mahal dan sering gebuk pembeli…. Jogja itu terkenal dengan kuliner enak dan murah tapi tidak di Malioboro…. Kan udah banyak tempat kuliner Jogja yg di share di grup2 WA….

  3. Tutup aja tutup tuh warung gak punya perikemanusiaan orang gitu ccok tinggal d hutan..jd gak terlalu merugikan orang d sekitarnya

  4. Paling..Ngecuuss makelar ngurus ke PEJABAT, Ganti nama-Buka lagi, harga turun tapi Porsinya di Kurangi, Dulu Pakai piring sekarang Pakai Lepek Gelas

  5. Kalo makan di jogja harus survei makanan dulu…biasa makanan jogja agak manis…kalo udah dapet yg pas bisa buat langganan.

  6. Terakhir makan di warung penyetan jakal km 10 atau 11 an. Depan SPBU persis..
    Weleeeh bebek gorengnya gak bersih, bau apek…lsg ilfil…
    Kalo menu ikan gorengnya sih oke banget…

  7. Saya sepuluh tahun tinggal di jogja blm pernah mkn di lesehan Malioboro.
    Denger namanya dah serem, Hammer price dah. Mending ke jln ahmad Dahlan, mkn gudeg/oseng mercon, harga wajar.

  8. Kalo itu warung gak kasi daftar harga jangan makan di warung tersebut. Ciri2nya kalo gak ada daftar harga berarti itu warung siap2 pukul harga tinggi….

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini