BEARING BOS ARM VIXION (2)

Motor vixion terasa goyang2 bagian belakang saat riding apalagi saat nikung ? cek kondisi bos armnya dan con rodnya. Gejala bos arm goyang ketika motor tidak stabil saat riding terutama di kecepatan tinggi dan ketika nikung seperti ban kempes. Di arm belakang vixion ada dua bagian yang sering yaitu di bos arm dan con rod alias dudukan sokbreker belakang.

Bgaimana indikasi bos arm sudah rusak ? bos arm terdiri dari dua collar dan dua bearing bambu, jika salah satu atau bahkan keduanya sudah aus maka motor akan terasa goyang2, saat motor di standar tengah kemudian arm kita goyang2 ke kanan-kiri akan terasa oblaknya, artinya bearing bos arm sudah bermasalah. Penggantian pasti ini tergolong lumayan biayanya, untuk ganti dua collar dan bearing bambu bisa habis sekitar 118ribu belum termasuk ongkos pasang yang dipatok rata2 sekitar 50ribu.

swing arm vixion

Yang masih nempel di arm juga adalah con rod, link sokbreker belakang ini untuk di motor vixion memakai bearing bambu juga, namun beda kode dengan bearing bambu yang di bos arm depan. Gejalanya sama dengan diatas ketika bearing sudah pada aus. Saat kita cek dengan posisi standar tengah, arm kita goyang2 naik turun maka arm akan terasa obalk tandanya bearing sudah aus. Lihat gambar dibawah ini, part yang diganti adalah 4 collar, 4 bearing bambu dan 4 seal, dengan rincian dibawah ini belum termasuk jasa pasang ya…

CON ROD ARM VIXION

Jangan tunda2 jika motor sudah terasa goyang2 segera bawa ke bengkel biar dicek. Kalau mau cek sendiri bisa kok seperti yang sudah saya katakan diatas.

  1. Untuk mengecek bos arm dengan cara mengoyangkan roda belakang atau arm ke sisi kanan-kiri, jika terasa oblak maka bearing sudah aus, seperti saat mengecek bearing roda.
  2. Sedangkan untuk mengecek kondisi con rod dengan cara menggoyang2kan arm keatas dan kebawah, jika terasa oblak maka bearing sudah aus.

Kalau ditunda akan merembet ke con rodnya seperti penampakan con rod dibawh ini, dudukan bearing bambu sampai aus alhasil bukna hanya ganti bearing2 dan collar saja namun sekalian con rodnya yang harganya 188ribu, lumayan to nambahnya.

BEARING BOS ARM VIXION (1) BEARING BOS ARM VIXION (3)

Nich penampakan bearing dan collar yang baru..

BEARING BOS ARM VIXION (5)

39 KOMENTAR

  1. Sama ga dg jupiter mx gen 1 mas ari? Punya saya gejalanya kl lewat speed trap sperti geol kanan kiri bentar.. apa sockbreaker belakang dah lemah?

  2. Kalau setang dibelokkan(ke kanan dan ke kiri) terasa berat(tidak lancar/seret) itu gejala apa ya mas Ari,mungkinkah komstir nya?

  3. Sorry oot kang ari mau tanya kalo nvl engine nya bunyi tek2 kondisi setelah engine hidup kurang lebih 5 menit di daerah valvenya kenapa ya kang?? Udah coba di stel ulang clearence valve nya tapi bunyi nya masih ada ga ad perubahan apakah ada kemungkinan tensionernya bermasalah?

  4. Sama mas kayak vixion ku padahal ban depan belakang pas tapi kalau boncengan atau belok tajam terasa kayak ban belakang itu lari.

  5. Kang numpang nanya..kalo rantai di stel tidak stabil,alias kenceng kendor padahal rantai br ganti dengan did black gold,apa bner bosh arm y sudah kena?

  6. bang kalau saat rem depan di tekan trus seperti bergetar ke kiri dan ke kana iut knp yah
    trus saya cek ban depan saya goyangkan seprti tidak rapat
    atau mungkin bearing nya

    vixion 2009
    tlg di jwb

  7. barusan aja gua ke bengkel resmi yahama

    pas tanya tanya, kata montir harus satu set ganti semua, sampai laher di shock harus ganti

    total sampe 580an

    gilaaaaxxx itu bengkel

    disini cuma ganti 2 perangkat doang, total habis paling 250 itu ya..

  8. Vixon saya kalau jln jelek shok depan kaya ada bunyi dug,, terus sama rante kaya di adu ke arm, ,kira”kenapa iya,,

Ketik Komentar Anda