ttx115i_3

Banyak pertanyaan masuk ke warung soal lampu sein yang tidak berkedip setelah ganti bohlam lampu sein atau ganti sein model LED. Kenapa lampu sein tidak mau berkedip ? beban yang diterima oleh flasher relay terlalu kecil atau terlalu besar sehingga sensor relay tidak berfungsi dengan baik.

Lalu bagaimana solusinya, ada dua cara untuk mengatasi lampu sein LED tidak mau kedip. Yang pertama beli relay sein khusus LED, sekarang sudah banyak yang jual kok di toko accesories harganya kisaran 25ribuan. Solusi kedua dengan menambah beban lampu di setiap lampu sein dengan cara menjumper lampu sein dengan tipe bohlam, nach untuk lampu bohlam tambahan bisa diumpetin dech di cover biar nggak kelihatan. Solusi ketiga dengan setel relay seinnya.

Cara yang ketiga ini biasanya dialami juga ketika mengganti bohlam sein tipe bohlam dengan daya yang lebih besar dari ukuran standar seperti bohlam sein yang warna-warni padahal lampu sein itu harus warna kuning loch… dan trik ini juga bisa digunakan juga untuk motor yang masih standar ketika bermasalah dengan lampu sein tidak berkedip atau mati.

Jadi begini, singkat saja kok nggak jlimet. Di dalam relay sein ada lempengan yang berfungsi mengatur kedipan lampu sein, kita seting kedipan mau lambat atau cepat. Kalau lampu sein sampeyan bermasalah tidak hidup atau hidup tapi tidak berkedip monggo lepas flasher relaynya dari motor.

Berikut penampakan lempengan yang harus disetel.

flasher lampu sein (3)

Langkah pertama, lepas flaser relay dari dudukannya.

flasher lampu sein (4)

Kemudian lepas bungkus atau rumah relay dengan cara mencongkel kunciannya seperti yang tampak digambar, dicongkel dengan obeng men kecil.

flasher lampu sein (1)

Setelah tercongkel maka rumah relay sudah bisa dilepas dan terlihat jeroan relaynya…

flasher lampu sein (2)

Cara setelnya, siapkan tang besar ( jangan pakai tang lancip ). Pasang relay ke soket awal ( kabel bodi).

  1. Jika lampu sein nyala tapi tidak kedip cara setingnya, lempengan ditekuk kekanan secara perlahan sampai nyala kedipan yang kita inginkan.
  2. Jika lampu sein tidak nyala/mati, lempengan ditekuk ke kiri ( ke arah luar ) secara perlahan juga sampai nyala kedipan yang kita inginkan.

Jumlah kedipan harus berjumlah 80-90 kedipan dalam satu menit.

SETING KEDIPAN LAMPU SEIN (1)

Lihat penampakan tang ketika menjepit lempengan setingan relay.

SETING KEDIPAN LAMPU SEIN (2)

Untuk lebih mudah bisa dilihat video tutorialnya berikut ini,

via hp klik disini

Ingat…! jumlah kedipan lampu sein untuk normal harus 80-90 kedipan dalam satu menit. Jumlah kedipan ini merupakan sudah standar dari regulasi peraturan berlalu lintas. Semua pabrikan motor menyetel jumlah kedipan sesuai jumlah baku yang ditetapkan agar nyala lampu sein bisa terlihat jelas oleh pengendara lain.

29 KOMENTAR

  1. udah pasang led, dulu prnah nyoba mau nekuk2, tapi kok berat.. mau dipaksa takut rusak..
    trnyata emg harus diTANG.. hadeeh.. 😀

    smntara masih pk cara2 nih..

  2. flaser bawaan versi 2 kaki, gue mau tambah fitur hazard dengan mengganti flaser bawaan pakai flaser mobil, tetapi setelah pemasangan sesuai dgn prosedur tetap aja gak mau nyala sein kiri, kanan, dan hazardnya. itu kenapa ya? tolong dibalas ke email saya

Ketik Komentar Anda