kontak vario (3)

Hari jumat saat kondisi servisan padat karena lagi pada gajian, ada ibu2 datang ke bengkel minta tolong karena kunci motor vario techno-nya rusak. Sebelah bengkel ada depo bangunan si ibu ceritanya mau belanja, saat mau pulang mau buka pengaman kunci motor ternyata tidak bisa dibuka, minta tolong petugas parkir semuanya nyerah, untung di sebelahnya ada beres yamaha, ibu minta tolong ke bengkel dan saya langsung ke TKP.

kontak vario (2)

Sampai di TKP, setelah saya lihat ternyata magnet di kunci kontak yang berfungsi membuka tutup pengaman kunci kontak hilang, magnetnya sudah hilang semua jadi pengaman kunci kontak tidak bisa dibuka alhasil tidak bisa nyalain motor. Pakai jurus maut !!! dicongkel ternyata tidak mau kebuka( maklum bukan bakat curanmor). yo wes lach… buka cover body bagian depan dengan tujuan buka tutup pengaman kunci pakai manual alisa dibuka/pretelin.

kontak vario (4)

Sempat dibikin repot karena kondisi stang dikunci, jadinya buka baut dibawah batok kepala jadi ribet. Body depan sudah dipretelin saatnya lepas tombol pembuka jok, kemudian lepas baut tutup kunci kontak.

kontak vario (5)

Setelah baut terlepas semua saatnya lepas tutup kunci kontak…

kontak vario (6)

 

Sudah terlepas dech… lanjut pretelin pengaman kunci kontak…yang ada magnetnya.

kontak vario (7)

 

Magnet ada tiga biji dicabut agar penutup kunci tidak berfungsi, daripada nanti tidak bisa dibuka lagi malah repot.

kontak vario (1)

 

Magnet sudah dilepas, lanjut pasang kembali semua, setelah semua selesai dirakit kembali akhirnya si ibu bisa senyum lagi tuch…tapi nggak saya jepret senyuman si ibu,xixixixi…

Jika magnet di kunci kontak hilang ada alternatif lain sebeum ganti baru, bawa ke tukang kunci minta bikinin anak kunci baru dengan catatan motor harus dibawa ke tukang duplikat kunci agar dia bisa menyesuaikan posisi magnet antara kunci kontak dengan kunci duplikat yang baru.

Selesai sudah…memakan waktu cukup lama juga ya…karena diakalin nggak bisa2 jadinya dipretelin, sampai hampir 2 jam loch… si ibu nungguin dari diotak2 tukang parkir akhirnya saya yang pretelin.Hmhmhmhm….yo wes lach seng penting iso bantu wong lagi kesusahan.

54 KOMENTAR

  1. Kok bisa lepas ya tutup magnet yg ada di anak kunci? Kira2 karena apa dan diapakan? Atau ketahanannya cuma segitu saya pake merk yg penjualannya seret gak masalah tuh magnet sudah 5 tahun lebih….

  2. ribet bnr dah…kalau saya telpon omah suruh bawaen kunci serepnya….huahaha
    tp perjuangannya patut diacungi jempOl

  3. wah,beres yamaha mau melayani honda ya. Keren nih!

    O iya,keganjalan yg ada di benak ane dari dulu. Itu pas lagi sibuk sibuknya mretelin sempet motret gitu ya om? Padahal dalam kondisi terdesak…

  4. Sekarang saya lagi mengalami hal yg sama. Pas saya browsing di google. Eh alhamdulillah ada solusinya, jadi orang2 skitar bsa nolonngin.. . Makasih kang, infonya sangat membantu…

  5. Aku pernah kejadian spt itu tahun 2008. Tanya dealer suzuki yg berselahan dijawab ga bisa, tapi menyarankan ke tukang kunci saja. Cari tukang kunci pinggir jalan langsung cabut ke tkp, 15 menit jadi dan hanya 15 ribu rp waktu itu. Jawabnya sama ada magnet kunci yang lepas.

  6. Pengalaman saya dulu pernah bongkar kunci honda revo yg gagal dimaling,modusnya tutup magnet di jebol pake besi mungkin tapi ada pecahan yg nutup jalur anak kunci,sehingga maling gagal dapetin tuh mtr,.lumayan lama bongkar pasangnya,tapi senang juga bisa bantuin orang kesusahan.

      • Saat ini saya sedang mengalami hal it mas ari… skrang masih bingung ap yg hatus di siapkan yg pastinya kan obeng rachet kata mas ari,, nah obeng rachet t gmana krna d kunci setang jg selain it alat ap saja yg di perlukan tuk membuka tombol jok sama buka baut kunci?

  7. Kang ari mau minta tlng banget nih,nvl ane magnet kuncinya bermasalah,ngelos alias bisa ditutup dan dibuka pakai kuku,kirs2 bisa dibenrin lagi ngak,soalnya tadi dateng ke dealer katanya harus ganti semua,dtunggu jawabanya.

    • itu kemungkinan magnetnya ganjel, dilihat di anak kuncinya apakah ada pin magnetnya yang hhilang, klo hilang harus dibuka pakasa

Ketik Komentar Anda