ARIPITSTOP.COM – MotoGP seri pertama 2020 di sirkuit menyajikan drama yang seru untuk ditonton meski terasa hambar karena tanpa penonton di sirkuit. Untuk pertama kalinya sejak naik di kelas MotoGP 2019, Quartararo akhirnya meraih gelar perdananya. Dalam balapan yang berlangsung selama 25 putaran itu Fabio Quartararo berhasil menyelesaikan balapan tersebut dengan catatan waktu 41 menit 23,796 detik.

Jalannya balapanpun terasa menegangkan terlebih ketika melihat aksi Marquez yang jatuh bangun. Vinales yang start dari posisi kedua langsung mengambil alih posisi terdepan dari tangan Fabio Quartararo saat bendera start berkibar. Marquez langsung menguntit tepat di belakang Vinales di urutan kedua sementara Quartararo berada di urutan keempat.

Berselang satu putaran kemudian, posisi Fabio Quartararo diambil oleh Francesco Bagnaia dari tim Pramac yang sebelumnya menempatkan Jack Miller di urutan ketiga. Duel sengit terjadi antara Vinales dan Marquez untuk merebutkan satu tempat terdepan, dan di sisi lain, Quartararo mengambil alih posisi keempat dari tangan Bagnaia.

Lap 4, ketika sedang memimpin, Marquez terkena apes, dirinya hampir terjatuh lalu masuk gravel, beruntung tidak jatuh namun dirinya langsung melorot di posisi 18.

Vinales memimpin, ditempel ketat oleh Fabio Quartararo dan Jack miller di urutan kedua dan ketiga. Dovizioso masih berusaha memacu motornya untuk mengejar Francesco Bagnaia di urutan keempat.

Lap 9, Vinales perlahan-lahan terlihat kesulitan dengan kompon soft yang dia pakai usai tersalip Quartararo dan Jack Miller, dirnya hampir terjatuh.

Marquez perlahan-lahan mampu memperbaiki posisinya di urutan ke-11 setelah berhasil menyusul rider KTM Tech3, Iker Lecuona. Bahkan tanpa kesulitan menyalip menyalip Rossi ketika balapan menyisakan 13 putaran lagi.

Sisa 10 lap, Quartararo masih berada di urutan pertama sementara Jack Miller terus mengejarnya di urutan kedua, Vinales di posisi ketiga. Marquez perlahan menebar ancamannya ketika berhasil menduduki posisi keenam dan semakin dekat dengan Pol Espargaro. Bahkan tak kesulitan dirinya menyalip Morbidelli, hingga mamu merangsek ke posisi ketiga setelah berhasil menyalip Dovizioso.

Sisa 7 lap, Rossi harus mengakhiri balapan lebih awal karena ada sebuah masalah teknis dengan motornya. Sementara Marquez berhasil menduduki posisi ketiga ketika balapan menyisakan lima menit terakhir.

Apes lagi-lagi apes, Marquez harus terhenti setelah dia mengalami crash di tikungan 3 tatkala balapan memasuki putaran ke-22.

Quartararo berhasil mengamankan kemenangan pertamanya, sementara Maverick Vinales berhasil mengamankan posisi kedua, sedangkan posisi ketiga ditempati Andrea Dovizioso.

Berikut hasil balapan MotoGP Jerez 2020 :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini