ARIPITSTOP.COM – Ketika riding tentunya kita ingin motor terasa nyaman dipakai, namun jika ada yang aneh dengan motor salah satu motor suka goyang-goyang alias geal-geol saat melewati jalanan tidak rata atau marka jalan atau ketika nikung, maka segeralah cek kondisi motor karena takutnya ada part yang bermasalah.

Biasanya ketika motor terasa limbung atau goyang-goyang adalah karena ban yang kempes, tapi bagaimana kalau kondisi tekanan ban ternyata normal bahkan laher atau bearing roda juga masih bagus. Kemudian kondisi velg juga dilihat tidak ada yang peang.

Segera cek kondisi karet engine mounting yaitu bushing yang menyambungkan antara rangka dengan mesin. Selain engine mounting yang sudah oblak ternyata ada satu hal juga yang penting untuk diperhatikan yaitu bushing alias bos pada sok belakang.

Yap, bos pada sok belakang motor matic Honda ini ternyata menjadi salah satu titik kelemahan pada motor matic Honda, karena bos ini kerap bermasalah untuk motor matic Honda yang sudah berumur.

Cara mengeceknya pun mudah, motor diposisikan dalam kondisi standar tengah, lalu angkat motor bagian belakang, bisa diangkat lewat behel, lihat bagian bawah sok belakang apakah goyang atau tidak, jika goyang maka dipastikan kondisi bosnya sudah rusak.

Penggantian bos ini cukup murah kok biayanya, siapkan kocek sekitar 50ribu rupiah sudah termasuk jasa pasangnya.

Advertisements

3 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda