ARIPITSTOP.COM – Kabar gembira datang dari Italia, karena semakin menurunnya pandemo virus Corona di negeri Pizza tersebut, pemerintah Italia mulai melonggar para atlit nasional mereka untuk latihan. Hal ini disambut baik oleh Rossi yang pada akhirnya bisa mulai latihan di sirkuit miliknya sendiri sebelum menjalani sesi balapan MotoGP 2020 yang entah kapan akan dimulai.

Rossi dan para anggota VR46 Riders Academy diketahui belum latihan motor lagi sejak awal Maret, yakni sejak Pemerintah Italia memberlakukan karantina wilayah. Hal ini tentunya sangat berpengaruh pada kondisi fisik para pembalap terutama ketika diatas motor.

CEO VR46 Management, Alberto Tebaldi, menyatakan mulai pekan depan, Pemerintah Italia akan ‘melunakkan’ kebijakan karantina wilayah untuk atlet-atlet nasional, termasuk pembalap motor. Dengan begitu, para pebalap MotoGP, Moto2, Moto3, dan WorldSBK kemungkinan akan kembali latihan motor dalam waktu dekat. Dan yang paling beruntungnya tentunya para pembalap VR46 Academy yang sudah punya sirkuit untuk mereka latihan tanpa harus bersusah payah mencari ijin ke sirkuit Misano.

Dilansir dari Bola.net, kepada GPOne pada Rabu (29/4/2020), Tebaldi menyatakan bahwa Federasi Balap Motor Italia (FMI) saat ini tengah mendaftar siapa saja pembalap motor nasional yang diperbolehkan berlatih. Sekalinya daftar ini dirilis, flat track pribadi Valentino Rossi, Motor Ranch, akan dibuka pada Senin (4/5/2020).

“Klub-klub olahraga akan tetap ditutup, tapi atlet nasional akan diperbolehkan latihan secara individual, dan FMI tengah menyusun daftarnya,” ungkap Tebaldi.

“Kini kami menunggu tindakan spesifik dan kami akan beradaptasi. FMI akan membantu kami agar tak melakukan kesalahan. Pada 4 Mei, kami mungkin bisa mulai latihan lagi dengan cara menerapkan semua langkah pencegahan, termasuk sanitasi dan lainnya,” tuturnya.

“Bagi pembalap, kembali latihan sangatlah penting. Kami punya flat track, trek soft-cross, dan trek oval. Jadi menggunakannya 2-3 kali sepekan bisa berharga bagi mereka sebelum mulai balapan lagi. Setelahnya, kami berharap Sirkuit Misano segera dibuka lagi, hingga kami bisa kembali latihan di sana,” ungkapnya.

Tentunya ini menjadi modal tersendiri bagi para pembalap asal Italia terutama para pembalap dibawah naungan VR46, mereka bisa latihan motor lebih cepat dibandingkan pembalap asal negara lainnya yang sampai saat ini belum tahu kapan bisa kembali latihan diatas motor.

Advertisements

Ketik Komentar Anda