ARIPITSTOP.COM – Kapan waktunya ganti V-Belt motor matic? kenapa yang seharusnya bisa bertahan sampai 25 ribu km tapi baru 3 hari sudah putus?, apakah ada yang salah?.

Perawatan motor matic tak semudah motor konvensional, membutuhkan perawatan yang lebih terutama di bagian CVT. Selain servis ringan motor matic perlu perhatian khusus bagian CVT-nya karena motor matic mengaplikasi tipe kopling kering komponen di dalamnya terdapat banyak part yang mudah aus karena di dalam CVT sebagian besar sparepartnya harus terbebas dari pelumas alias kering, dan sebagian partnya dilumasi dengan gemuk khusus yang harus diganti secara berkala.

Biasanya kita servis ke bengkel hanya menyebutkan untuk melakukan service ringan, jika bengkel yang kita kunjungi tidak aktif menanyakan riwayat servis motor kita maka biasanya bagian servis CVT akan tertinggal bahkan tidak pernah diservis. Maka penting bagi kita untuk membaca buku petunjuk servis yang kita peroleh saat membeli motor baru.

Servis CVT perlu dilakukan setiap 5ribu km atau maksimal 10ribu km, meski hanya sekedar membersihkannya saja dan mengganti gemuk yang baru bisa mengurangi tingkat kecepatan aus pada part2 di dalam CVT. Kita bisa tahu kondisi part2 mana yang harus segera diganti atau yang akan diganti saat servis CVT bulan berikutnya, terutama kondisi V-Belt, kalau tidak dicek bisa berakibat putus saat dipakai.

Pemakaian V-Belt pada motor matic rata2 dianjurkan hanya sampai 25ribu km saja, lalu apakah V-Belt bisa dipakai lebih dari yang dianjurkan?, bisa dan sering terjadi karena dari kondisi pemakaian motor juga sangat mempengaruhi kondisi V-Belt bisa lebih awet dari waktu yang dianjurkan. Namun tak sedikit juga sebelum 25ribu km sudah harus diganti terlebih motor yang suka digeber2.

Tapi kenapa ada juga V-Belt yang baru diganti beberapa bulan bahkan beberapa hari bahkan belum menginjak umur 10ribu km sudah putus?. Inilah salah satu pentingnya kenapa harus rutin servis CVT karena agar bisa mengetahui kondisi part2 di dalam motor.

V-Belt bisa putus lebih cepat dari yang seharusnya diakibatkan beberapa faktor, berikut penyebab V-Belt akan putus lebih cepat :

  1. Pemakaian V-Belt palsu

Tak bisa dipungkiri part2 KW atau palsu atau kualitas rendah sangat banyak berkeliaran di Indonesia, sudah menjadi hal lumrah. Oleh karena kita harus jeli memilih toko atau bengkel agar terhindar dari pemakaian V-Belt berkualitas buruk ini. Dengan pemakaian V-Belt KW atau palsu maka kita tidak akan tahu kualitas part tersebut apakah bisa awet atau tidak.

2. Motor Modifikasi

Meski memakai V-Belt asli atau merk after market yang sudah terkenal belum tentu menjamin pemakaian V-Belt akan lebih awet kalau motor sudah dalam kondisi dimodifikasi. Sudah pasti umur V-Belt akan berkurang dari yang disarankan oleh pabrikan. Motor yang sudah dimodifikasi apalagi yang sudah Bore Up sangat mempengaruhi umur V-Belt karena motor yang dibore up akan menambah torsi pada mesin sehingga kinerja V-Belt menjadi bertambah berat dari yang seharusnya dibebankan.

3. Bearing Pully belakang oblak

Salah satu faktor kenapa V-Belt berumur pendek adalah bearing di Pully belakang sudah oblak, lebih tepatnya bearing di as Pully belakang. Kalau bearing di as pully belakang oblak, maka putaran pully belakang menjadi tidak stabil alias oleng sehingga membuat putaran V-Belt jadi tidak center dengan pully depan.

4. Pully Belakang Aus

Faktor paling parah kenapa V-Belt lebih cepat putus adalah kondisi Pully belakang yang sudah aus terutama di dudukan kampas koplingnya.

Jika Scondary Fixed alias dudukan kampas kopling sudah aus, efeknya putaran V-Belt jadi tidak beraturan bahkan kalau dibarengi juga kondisi Scondary Slidingnya juga sudah aus maka dijamin V-Belt belum berumur 1 bulan sudah putus, bahkan hanya dalam hitungan hari saja.

Lihat foto dibawah ini salah satu contoh kondisi pully belakang yang sudah aus membuat V-Belt langsung putus. Lihat gap yang diatas dan dibawah (bagian yang dilingkari) kondisinya tidak rata.

Contoh penampakan kondisi pully belakang yang hampir ambyaaaaar, bahkan tutup scondary slidiingnya sudah mau jebol bagian Pin Guide yang 3 biji dan kondisinya bahkan sudah patah.

Penampakan Scondary fixed alias dudukan kampas kopling ganda yang sudah rusak bahkan sampai jebol, kondisi seperti ini dijamin umur V-Belt hanya dalam hitungan hari saja.

Galeri V-Belt putus, diambil dari grup FB BEKAKAS :

Advertisements

3 KOMENTAR

  1. biasanya yang posting beginian adalah team black campaign pabrikan competitor, mereka ada “underground team” yang berburu foto kerusakan motor dengan merk lawan dengan ditambah narasi bombastis. padahal kalau diteliti biang keladinya adalah pemilik motor yang goblok tidak mau merawat motor.

Ketik Komentar Anda