ARIPITSTOP.COM – Pemandangan yang sangat mengerikan terjadi di Ekuador, pemerintah setempat kualahan mengurusi jenazah para korban virus Corona. Ratusan jenazah tergeletak tak terurus menunggu dimakamkan.

Negara di Amerika Tengah ini benar-benar babak belur dihajar virus Corona. Pemandangan menyeramkan terlihat di berbagai sudut kota gara-gara pandemi COVID-19. Jenazah terlihat tergeletak di pojok Kota Guayaquil, Ekuador.

Dalam foto-foto yang diunggah Reuters, mayat-mayat ditutupi kain di jalanan kota Guayaquil. Foto-foto juga tersebar di media sosial, menampilkan mayat-mayat yang tergeletak begitu saja di jalanan.

Sejauh ini, di Ekuador ada lebih dari 3.600 penderita virus corona, dengan total 180 orang meninggal dunia. Namun, melihat jumlah mayat di Guayaquil, diduga korban tewas lebih banyak dari angka resmi.

Sayangnya, tak ada yang bersedia menguburkan. Akhirnya mayat-mayat sekadar ditaruh di pinggir jalan, terjerang matahari, bau busuknya tercium ke mana-mana. Rumah sakit kualahan menampung pasien maupun jenazah. Kota ini benar-benar suram dirundung makhluk superkecil yang berawal dari Cina.

Reuters melaporkan akhirnya pemerintah menurunkan tentara untuk mengangkut jenazah. Ada sekitar 150 jenazah yang dikumpulkan dari jalanan dan rumah-rumah warga pekan lalu.

Laporan New York Times menyebut bahwa informasi dokter mengatakan tidak ada cukup tes di negara ini. Sehingga lebih sulit untuk mengidentifikasi dan mengisolasi orang sakit untuk mencoba menghentikan penyebaran COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus – serta terlalu sedikit tempat tidur dan ventilator rumah sakit.

Berita Dilansir dari berbagai media lokal dan Internasional

 

Advertisements

Ketik Komentar Anda