ARIPITSTOP.COM – Pada bulan Februari 2020 lalu sempat ramai ketika ternyata Kawasaki telah mengajukan ikut balapan MotoGP menggunakan motot superbike yang dipakai Jonathan Rea dengan fasilitas wildcard. Namun ternyata Rea memberikan jawaban tegas jika balapan dengan Ninja ZX-10RR di MotoGP bagaikan balapan antara mobil touring dengan mobil formula 1.

Yap, Jonathan Rea secara terbuka menanggapi masalah balapan di MotoGP yang diajukan oleh Kawasaki memakai motor Ninja ZX-10RR. Kepada Speedweek, menurut Rea gagasan turun di MotoGP pakai Ninja ZX-10RR bakal terasa lucu, namun sama sekali tak sepadan karena level teknis antara MotoGP dan WorldSBK yang sangat jauh berbeda.

“Saya tak benar-benar memahaminya. Sangat aneh. Saya tak mau balapan pakai¬†wildcard di MotoGP dengan motor Kawasaki saya! Itu bakal lucu, tapi itu lelucon!” ungkap Rea.

Hal yang paling mencolok adalah fakta bahwa motor MotoGP adalah motor yang didesain khusus untuk balap dan dikembangkan berdasarkan ban prototipe buatan Michelin, sementara motor WorldSBK adalah motor jalanan dan dikembangkan berdasar ban Pirelli.

“Jika itu terjadi, maka saya akan berkompetisi melawan motor prototipe dengan ban prototipe di atas motor jalanan yang dikembangkan berdasar ban Pirelli. Itu bakal seperti mengendarai mobil touring untuk melawan mobil Formula 1,” tutur Rea.

“WorldSBK kejuaraan berdasar motor jalanan. WorldSBK dan MotoGP adalah dua dunia berbeda. Ini bagai membandingkan apel dengan buah pir,” tutup Rea.

Advertisements

1 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda