ARIPITSTOP.COM – Seri perdana balapan kelas MotoGP yang rencananya akan digelar di sirkuit Jerez semakin tidak menentu setelah pihak sirkuit menutup sementara sampai 15 hari kedepan dan bisa diperpanjang tergantung situasi di Spanyol. Atas ketidak pastian jadwal balapan MotoGP 2020, Pihak FIM memgatakan bisa saja balapan 2020 digelar sampai tahun 2021.

Suasana semakin kacau akibat ancaman virus Corona, balapan MotoGP batal dilakukam di Qatar, seri kedua di Thailand resmi ditunda menyusul seri ketiga di Amerika dan seri keempat di Argentina juga ikut ditunda, bahkan seri kelima di Jerez juga berpotensi ditunda. Rencana cadangan mungkin akan dilakukan oleh pihak Dorna agar balapan tetap terus berjalan di musim 2020 ini.

Salah satu opsi yang dimiliki FIM dan Dorna Sports adalah menggelar balapan MotoGP tanpa penonton. FIM juga siap menggelar balapan MotoGP 2020 pada Januari 2021 dan menggelar dua balapan dalam satu pekan.

“Saat ini saya punya kepercayaan diri MotoGP 2020 akan digelar lebih dari 13 balapan. Jika kami harus menjalaninya pada Januari 2021, kami akan melakukannya,” ujar Viegas selaku Presiden Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) dikutip dari autosport.

“Kami bisa menggelar dua balapan dalam akhir pekan yang sama [di sirkuit yang sama] atau menggelar balapan tanpa penonton. Itu akan dilakukan jika tidak ada solusi lain. Situasi seperti ini tidak ada tabu. Kami harus fleksibel dan penuh imajinasi,” sambung Viegas.

Opsi lain yang dimiliki FIM dan Dorna Sports adalah menggelar balapan di sirkuit yang tidak ada dalam kalender MotoGP 2020 dan di tempat tidak terkena imbas virus corona. Salah satu tempat yang mungkin digunakan adalah Portiamo dan Estoril di Portugal.

“Portimao adalah sirkuit cadangan, sama seperti Estoril. Di Portugal belum ada larangan travel,” ucap Viegas.

Advertisements

Ketik Komentar Anda