ARIPITSTOP.COM – Sebuah Motor matik terbakar saat sedang melakukan pengisian bensin pakai derigen di salah satu SPBU di Jalan Pajajaran, Pamulang Barat, Tangerang Selatan, Selasa (10/3/2020). Benain jenis Pertalite tersebut rencananya akan dijual lagi dalam bentuk eceran.

Berdasarkan hasil olah TKP, penyebab kebakaran bermula dari kunci kontak motor yang dimodifikasi. Penyebab kebakaran karena motornya tidak menggunakan kontak yang normal, melainkan dengan sambungan tembaga otomatis. Jika ingin menyalakan motor, tembaga disambung dan jika ingin dimatikan dicabut. Dari sinilah timbul percikan api uang menyamber ke bensin di dalam jerigen.

Kronologi :

  • Pengakuan pemilik Honda Vario 110 bernama Syamsul, tengah isi bensin menggunakan jerigen untuk dijual lagi.
  • Saat proses pengisian bensin, Syamsul berusaha menyalakan mesin. Uniknya bukan menggunakan kunci kontak tapi dengan menyambungkan dua kabel tembaga.
  • Saat kabel tersambung, ada percikan api hingga menyambar bensin di jerligen.
  • Petugas pom langsung menarik nosel bensin dan membuat jerigen itu tumpah hingga bensinnya menyambar mobil Suzuki Ertiga yang tengah dipajang untuk dijual.  All New Ertiga yang sedang dipajang itupun ikut terbakar.
  • Beruntung para pegawai dan sekuriti sigap memadamkan api menggunakan alat pemadam api ringan (Apar).
  • Kanit Reskrim Polsek Pamulang, Iptu Totok Rianto, yang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), mengamankan Syamsul sebagai pembeli dan juga mengamankan petugas SPBU yang melayani Syamsul.

Inilah salah satu kejadian jika nekad membeli bensin memakai derigen, dan uniknya adalah, sebagian Masyarakat +62 kalau dilarang justru semakin nekad dan ketika terjadi kecelakaan selalu bilang jika ini adalah takdir yang sudah diatur oleh sang pencipta.

Sumber : kompas.com, otomotifnet

Advertisements

2 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda