ARIPITSTOP.COM – Berdasarkan perkiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang dilansir melalui situs resminya menyatakan bahwa warga diimbau untuk mewaspadai banjir di bulan Maret, April dan Mei 2020. Walaupun pemerintah sudah memiliki tindakan-tindakan pencegahan akan terjadinya banjir, tetapi ada baiknya kita tetap menjaga agar barang-barang berharga kita bisa aman dan selamat.

Banjir yang diprediksi melanda sebagian wilayah Indonesia ini tentunya akan dapat menghambat aktifitas kita terutama pada saat ingin berpergian atau aktititas kerja kita yang sehari-hari memang di jalanan.

Bagi masyarakat yang menggunakan sepeda motor haruslah berhati-hati karena akan banyak konsekuensi yang bisa diterima seperti salah satunya adalah mogoknya motor akibat air banjir yang masuk ke filter udara  ataupun busi.

Motor mogok setelah menerjang banjir akan tambah menjadi masalah manakala tidak ada bengkel terdekat yang bisa membantu untuk memperbaikinya. Untuk itu diperlukan cara cepat dan praktis yang bisa kita lakukan sendiri dalam menanggulangi masalah tersebut tanpa bantuan orang lain.

Menurut Tomi Tambrani, Marketing Manager Brand Rexco, jika air yang masuk ke dalam busi akan menyebabkan proses pembakaran mesin tidak bekerja. Busi sendiri bertugas menyokong pengapian pada mesin. Jika kemasukan air maka tidak ada api di ruang bakar dan ini yang menyebabkan motor mogok. Agar busi kembali normal kami menyarankan menggunakan pelumas yang dapat memproteksi dan memisahkan busi dari air agar proses pengapian kembali berjalan dengan baik.

Untuk itu alangkah baiknya kepada para pengendara sepeda motor agar selalu menyiapkan pelumas serbaguna seperti Rexco 50 di bawah jok atau bagasi motornya sebagai pertolongan pertama saat motor mogok, ujarnya.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini