ARIPITSTOP.COM – Mau touring ke gunung Bromo?, sepertinya harus ditunda dulu dech kecuali kalau mau nambahin kocek dalam, karena saat ini kendaraan dilarang masuk ke kawasan Gunung Bromo terutama di area gurun pasir yang terkenal angker karena banyak motor mogok akibat kampas kopling hangus.

Car free month (CFM) atau bulan bebas kendaraan bermotor akan diberlakukan di kawasan Gunung Bromo pada akhir bulan ini. Kendaraan bermotor tidak boleh masuk ke Kaldera Tengger yang meliputi Laut Pasir, Bromo, Savana, dan sekitarnya.

CFM digelar dalam rangka menghormati Megengan Wulan Kepitu. Wulan Kepitu sendiri adalah bulan ketujuh dalam kalender Maysyarakat Tengger. Wulan Kepitu dianggap sebagai bulan yang disucikan oleh para sesepuh atau tokoh masyarakat.

CFM akan berlaku mulai 24 Januari 2020 mulai pukul 00.00 WIB hingga 24 Februari 2020 pukul 00.00 WIB.

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) akan membatasi kendaraan bermotor mulai pintu masuk Gunung Bromo. Batas kendaraan bermotor itu meliputi pintu masuk Coban Trisula, Kabupaten Malang dan pintu masuk Senduro Kabupaten Lumajang di Jemplang. Lalu pintu Tengger Laut Pasir Kabupaten Probolinggi di Cemorolawang dan pintu masuk Resort Gunung Penanjakan Wonokitri Kabupaten Pasuruan di Pakis Bincil.

Kawasan pasir di Gunung Bromo memang terkenal angker buat motor. Angkernya Gunung Bromo terjadi karena pemotor nggak bisa menguasai medan atau si biker nggak mahir menguasai motor kopling alhasil setiap motor sport yang melewati padang pasir di gunung bromo selalu saja terjadi selip kopling. Bukan hanya motor kopling manual, motor matic juga bisa menjadi korban.

Advertisements

Ketik Komentar Anda