ARIPITSTOP.COM – Elektrik starter di motor Yamaha lagi ngadat?, kalau yang rusak relaynya atau lebih dikenal sebagai bendik starter ternyata bisa subtitusi punya motor matic Honda, harganya jauh lebih murah dan pastinya kualitas pabrikan.

Yap, ceritanya kemarin saya bongkar motor Yamaha Xabre yang ngadat bagian elektrik starternya, setelah saya cek ternyata yang rusak bagian relay starternya alias bendiknya. Ketika saya lihat ternyata bendik punya motor Yamaha ini mirip banget punya Honda Vario, Scoopy alias maticnya Honda. Dan saya tahu kalau memang harga bendik milik Honda ini harganya jauh lebih miring ketimbang punya Yamaha.

Iseng2 saya cobain Bendik punya Honda Scoopy ini saya pasang di motor Xabre dan ternyata lancar jaya sentosa, lalu karena rasa penasaran, bendik ini saya cobain ke motor Mio lawas dan Nmax, ech… ternyata bisa juga.

Yap… ngomongin soal Bendik starter, hampir semua motor di Yamaha kecuali Nouvo dan Scorpio memakai Bendik yang sama. Jadi dari generasi Mio jadul sampai sekarang sudah berubah ke Mio M3 dan Mio S, lalu matic Yamaha lainnya kecuali Aerox dan semua motor sport 150cc/155cc lanjut motor bebek dari generasi Jupiter dan Vega sampai sekarang audah berubah jadi motor injeksi tetap memakai Bendik starter satu kode yaitu 5TP-H9140-00 yang dibanderol 91ribuan.

Ternyata, bendik ini bisa subtitusi punya matic atau bebeknya Honda dengan kode 38501KVB901 yang harganya cuma 46ribu saja.

Hemat jauh bangetkan…

3 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda