ARIPITSTOP.COM – Honda sedang meracik motor konfigurasi V-twin dengan penambahan supercharger yang saat ini sedang populer dipakai di Ninja H2 meski teknologi ini sudah tida asing di dunia motor sejak lama. Dari desain paten yang beredar, tampak bahwa Honda memiliki konfigurasi yang berbeda dengan Kawasaki. Mereka justru mengawinkan supercharger dengan mesin 2-silinder V-twin.

Kalau sekilas melihat desain paten yang didaftarkan oleh Honda, desainnya untuk motor naked bike meski mesin ini bisa dipakai juga untuk motor sport fairing. Lalu di gambar desain terlihat juga kehadiran suspensi depan Upside down  dan swing arm ALumunium.

Untuk bagian rangkanya, terlihat seperti ‘ melayang ‘ dimana rangka ini tidak menjulur ke bagian bawah dan bertemu dengan Swing-arm seperti Motor pada umumnya. Jadi sepertinya Silinder mesin bagian belakang bertugas juga sebagai bagian dari sasis. Kalau melihat desainnya hampir mirip rangka dari CBR250RR. Begitu Pula dengan Swingarmnya yang lansgung bertemu dengan Crankcase bagian bawah mesin, kemudian bagian sok belakang memakai Monoshock dengan Link.

Dan yang paling menarik adalah Honda mematenkan mesin konfigurasi V-twin dengan supercharger yang bekerja memberikan Boost Power dengan cara Memanpatkan Udara ‘ padat’ lalu disemburkan ke Ruang bakar. Ini dimaksudkan agar ledakan pembakaran di masing masing silinder unicam menghasilkan Power dan torsi yang lebih tinggi.

Akan lebih menarik jika Honda memberikan teknologi ini ke motor 250cc untuk menyaingi Kawasaki ZX-25R, heeeem…

Advertisements

7 KOMENTAR

  1. lebih menarik mana ya pesona 4 silinder dengan 2 silinder tenaga super,,,
    Beat lead kira kira rilis bulan ini ga kang?

  2. Semua matic pada akhirnya. Pasar 250cc sekarang sukanya XMax, sebaiknya Honda memurahkan harga Forza kalau mau bersaing, bukan bikin flagship yang ora bakal payu.

  3. Supercharger itu teknologi yang sudah lama ada di motor era 80an, supercharged di motor baru tahun 2014… Teknologinya beda!

  4. Supercharger itu teknologi yang sudah lama ada di motor era 80’an, klo supercharged di motor tahun 2014. Dan teknologinya beda.

Ketik Komentar Anda