ARIPITSTOP.COM – Jangan asal main menerjang banjir, karena jika menerjang banjir yang tinggi maka motor bisa mogok bahkan harus turun mesin keluar biaya banyak. Pastikan motor aman ketika hendak melewati genangan air banjir.

Ketika kita terpaksa harus menerjang banjir, yang harus kita perhatikan adalah sampai mana ketinggian air banjir tersebut akan merendam motor. Ketinggian air yang aman untuk dilewati adalah sebatas ketinggian lobang knalpot, jika ketinggian air diatas lobang knalpot maka jangan nekad diterjang kalau mau motor kita tetap aman.

Jika kita nekad menerjang ketinggian banjir yang merendam motor sampai diatas knalpot, atau filter udara jika lobang knalpot terletak diatas, dikhawatirkan air akan masuk ke mesin bahkan air bisa masuk melewati lobang pernafasan mesin atau melewati filter udara yang bisa berakibat water hammer. Kalau terjadi water hammer maka motor bisa turun mesin.

Klo ketinggian air masih dibawah knalpot bisa tetap dinyalain, tapi kalau sudah diatas knalpot apalagi filter udara, motor dimatiin, lalu didorong.

Setelah motor terendam banjir, motor jangan langsung dinyalakan. Motor jangan dinyalain setelah kerendam air, nanti kelistrikan bisa konslet dan takut ada air di ruang bakar. Kuras tangki kalau motor kerendam sampai atas tangki, ganti oli mesin untuk lebih aman. Bersihkan CVT, ganti/cek filter udara, buka busi lalu cek air di ruang baka untuk Motor karbu wajib bongkar karburator.

Ketik Komentar Anda