ARIPITSTOP.COM – Ceritanya sudah dua kali ini saya mendapatkan konsumen yang mengeluhkan Honda Beat FI mati mati saat melewati polisi tidur atau sedang menurunkan standar tengah. Siapa yang tidak panik kalau motor selalu mati ketika melewati jalanan rusak atau polisi tidur, bawa saja ke bengkel minta dianalisa.

Yap, pertama sekitar dua bulan yang lalu saya mendapatkan konsumen Honda Beat Pop eSP, pemiliknya mengeluhkan motornya selalu mati ketika melewati polisi tidur dan nyala lagi ketika distarter. Setelah saya cek ternyata kabel spullnya lecet tergores dalam waktu yang sering akibat posisi kabel spull yang selalu bergesekan dengan crankcase ketika motor mendapatkan ayunan tinggi.

Akibat selalu bergesekan inilah kabel spull tergores hingga terkelupas sampai tembaganya terlihat, dan akhirnya kabel serabut tembaga tersebut menempel ke crankcase yang merupakan Massa, sehingga motor langsung mati karena terjadi konslet. Solusinya kabel dibungkus ulang dan pastikan posisi kabel spull tidak lagi bisa bergesekan dengan crankcase.

Itu adalah masalah di Honda Beat eSP, ternyata masalah seperti ini juga terjadi di Honda Beat PGMFI alias Beat Injeksi generasi pertama yang mash memakai starter kasar alias starter bletak dor.

Saya kedatangan konsumen yang mengeluhkan hal yang sama yaitu motor mati2 ketika melewati polisi tidur atau jalanan rusak. Ketika saya cek ternyata permasalahannya tetap di kabel spull yang hampir putus, sehingga kabel akan ketarik ketika ada ayunan sehingga strum terputus, namun strum kembali tersambung ketika ayunan motor (sokbreker belakang) sudah berakhir.

Langsung saja motor saya bongkar dan ternyata benar kabel spullnya hampir putus. Kabel spull pengapian di Honda Beat berwarna putih, bahkan bisa saja ketiga kabel yang ikut menyatu juga mengalami hal yang sama.

Solusinya sambungkan kembali kabel tersebut dan bungkus yang rapi serta lepaskan saja kabel tis pengikat kabel spull agar kabel spull bisa bergwrak bebas.

Nich videonya .klik disini via hp.

7 KOMENTAR

  1. Mantap, ini baru artikel yg sangat bermanfaat. Sharing ilmu tentang perawatan atau reparasi sepeda motor seperti ini sangat berguna yg sayangnya malah jarang ada di blog2 roda dua lainnya. Lanjutkan kang Ari, semoga bengkel dan bolg nya makin sukses..

    Oia kang Ari, setelah saya beli kunci torsi tapi saya malah gak tau berapa torsi mur pulley depan dan belakang motor nmax dan lexi ya? 😄

Ketik Komentar Anda