ARIPITSTOP.COM – Sudah sering sekali menemukan drat atau ulir di kruk as bagian CVT motor Nmax atau Aerox yang mengalami selek atau dol alias rusak, jika sudah rusak maka Pully bagian depan akan kendor dan bikin suara gaduh bahkan motor langsung tidak bertenaga. Untuk mencegah kejadian ulir jadi selek, bisa pakai mur yang lebih besar.

Mur CVT yang ada di pully depan motor Nmax dan aerox memang pendek, berukuran 17 namun panjang ulirnya yang pendek sehingga akan mudah selek ulirnya kalau mekanik salah torsi saat memasangnya, bisa terlau kencang atau justru kekendoran, keduanya punya efek yang sama, ulir pada kruk as atau Mur bisa selek.

Bisa dilihat dibawah ini, Mur yang kiri adaah Mur 17 bawaan motor Nmax dan Aerox.

Foto bukalapak

Kalau ulir atau drat pada kruk as Nmax atau Aerox sudah selek atau rusak, mau tidak mau motor harus belah mesin untuk mengganti kruk as yang baru atau kruk asnya didrat ulang di bengkel bubut.

Makanya sekarang sudah tidak asing lagi ketika Mur 17 bawaan motor diganti dengan Mur yang ulirnya lebih panjang, kalau saya sendiri memakai Mur 19 yang sekalian ada penguncinya seperti pada gambar dibawah ini.

Mur dengan ulir atau drat yang lebih panjang sehingga bisa mengurangi efek kekurangan atau kelebihan torsi.

Semoga bermanfaat…

8 KOMENTAR

  1. Wah udah kejadian di Lexi saya nih, drat as nya doll karena keseringan bongkar pasang. Btw saya mau snei ulang dengan size M12 x 1.75 (pitch) apakah aman kang?

    Standarnya kan M12 x 1.25 (pitch). Pitch = jarak antar ulir. Karena saya beli tap & dies tekiro untuk uk. M12 cuma ada pitch 1.75

    Untuk mur nya saya sudah siapkan model flange (seperti kang Ari pakai) M12 x 1.75 dengan bahan SUS 304 kunci 19

    • Bisa sich tapi mesti hati2 karena malah bisa gagal
      Ada sebagain bengkel bubut yg bisa bikin drat baru tanpa harus turun mesin

  2. Gan, Saya punya Aerox VVA baru dipakai sktr 8 bulan. Apakah utk mencegah potensi masalah pd CVT ini berarti sy harus ganti mur juga? Trims

  3. Kalau saya sejak pertama kali turun langsung tak ganti (shock, tensioner, mur itu tadi, dan masih banyak lagi). Karena sebelum memutuskan membeli saya cari tau apa yg kurang dan berpotensi membuat ketidaknyamanan pemakai. .

Ketik Komentar Anda