ARIPITSTOP.COM – Mau pasang aksesoris kelistrikan atau menyambung kabel yang rusak?, hati2 jangan sampai salah penanganan, kabel terkelupas atau kurang rapi sambungannya bisa mengakibatkan kabel body terbakar sehingga mau tidak mau harus ganti kabel body assy, seperti motor Nmax ini yang harga kabel bodynya 1,2 jutaan.

Sore ini saya membongkar sebuah motor Nmax yang mengalami gangguan kelistrikan, motor mau dihidupkan tapi klakson, lampu sen tidak mau menyala. Setelah cek & ricek ternyata ada kabel terkelupas, dan ketika saya bongkar bagian yang terkelupas… kabelnya meleleh!!!.

Kemudian kabel bodynya saya kelet pakai pisau, saya urut dan semua kabel massa berwarna hitam sudah dalam kondisi meleleh…

Kenapa bisa meleleh ?, tebakan saya adalah, kabel massa tersebut pernah diputus, tapi sambungannya kurang rapi, karena kurang rapi dan sambungannya semakin kendor maka kabel menjadi panas, semakin lama kabel tidak kuat dengan panas yang ditimbulkan akhirnya meleleh.

Apakah bisa kabel yang meleleh tersebut direkondisi?, pasti bisa… tapi penuh resiko. Karena kabel yang sudah direkondisi apalagi dalam jumlah banyak dan panjang resiko terjadi konslet juga semakin besar. Saya menyarankan ganti kabel body yang baru, tapi harganya ternyata lumayan juga ya… untuk Nmax non ABS harga kabel body assy tembus Rp 1.258.000.

Jadi… jangan main2 dengan kabel ya…

27 KOMENTAR

  1. yg punya namex itu horang2 kayah …. lek
    bwt mereka segitu ga ada apa2nya … 1.2jt ga sebanding dgn kegagahan yg hqq yg didapatkan mereka saat riding ….. hahaha

  2. Ganti ukuran penampang yang jauh lebih besar jika ada aksesoris kelistrikan yang ditambah.
    Terutama untuk kabel masa (body).
    Sekalian saja tambah / pasangpasang masa baru daripada ngambil dari eksisting.

    Yang perlu di ingat, sebaiknya ganti kabel serabut yang berkualitas dan yang kelas isolasinya bagus.

Ketik Komentar Anda