ARIPITSTOP.COM – Pihak Petronas SRT dan Yamaha telah bersepakat bahwa untuk musim deoan, Quartararo akan mendapatkan jatah mesin yang setara dengan Morbidelli yaitu YZR-M1 A-Spec. Tak masuk akal memang seandainya Quartararo tak mendapatkan jatah motor yang full spek mengingat dirinya sangat kencang diatas motor Yamaha.

Pada musim 2019 ini, Quartararo pada awalnya direncanakan mmakai M1 ‘Spek B’ musim ini, yakni YZR-M1 versi 2018. Namun Yamaha memberinya M1 bermesin 2019, dilengkapi perangkat lain dari versi 2018, seperti suspensi dan aerodinamika. Motornya juga punya 500 rpm lebih rendah dari tiga motor pembalap Yamaha lainnya, hal ini bertujuan untuk menghemat mesin karena sebagai rookie hanya diberi jatah 5 mesin untuk satu musim, hal ini sesuai dengan regulasi di MotoGP. Namun ternyata Quartararo lebih hemat dalam penggunaan mesin, sehingga mulai seri Thailand kemarin, rpm mesinnya dinaikkan normal seperti motor pembalap Yamaha lainnya.

Hebatnya, meski tak memiliki motor M1 spek pabrikan seperti Vinales, Rossi, dan Morbidelli, Quartararo justru paling konsisten bertarung di depan. Sejauh ini ia telah meraih enam podium dan empat pole. 

Untuk musim depan, Quartararo mendapatkan jatah mesin yang sama yaitu YZR-M1 A-Spec. Team Principal SRT, Razlan Razali pun telah mengonfirmasi bahwa ia akan dapat YZR-M1 2020 spek pabrikan. “Fabio akan dapat motor dengan spek yang sama dengan Franky musim depan. Tak masuk akal jika ia tak mendapatkannya,” ujar Razlan.

Sehingga untuk musim depan kedua pembalap Petronas akan memakai mesin yang sama seperti yang dipakai pembalap pabrikan serta dukungan sparepart yang lebih cepat. Petronas Yamaha SRT dan Yamaha Motor Racing resmi mencapai kesepakatan untuk menurunkan dua motor YZR-M1 A-Spec untuk Morbidelli dan Quartararo di MotoGP 2020.

Pernyataan Resmi Razlan Razali

“Musim ini adalah musim yang menakjubkan untuk Petronas Yamaha Sepang Racing Team di MotoGP. Kami sangat berterima kasih kepada Petronas atas komitmen mereka dan Yamaha atas kepercayaan mereka kepada kami untuk meraih hasil baik.

“Franco dan Fabio telah berkontribusi banyak dalam kesuksesan kami tahun ini, dan punya dua rider dengan mesin yang setara akan membantu kami meraih hasil yang lebih baik lagi. Kami sangat bangga bisa merilis pengumuman ini di Malaysia, rumah Petronas dan tim kami.”

Pernyataan Resmi Lin Jarvis

“Kami sangat senang bisa mengonfirmasi bahwa kami mencapai kesepakatan di Sepang dengan Petronas Yamaha Sepang Racing Team untuk menurunkan dua YZR-M1 Spek A untuk musim 2020. Performa Franco dan Fabio sangat gemilang tahun ini dan ini menunjukkan prestasi kedua rider dan tim dalam berbagai klasemen, baik sebagai individual maupun tim.

“Dukungan Petronas untuk tim baru ini sangat krusial untuk membantu tim mengalami kemajuan lebih jauh pada 2020 dengan dua motor ‘Spek-A’. Yamaha berkomitmen untuk menyediakan dukungan terbaik untuk tim dan para rider kami untuk membantu mereka berprogres lebih jauh pada 2020 dengan kemenangan, dan semoga bisa mendapatkan gelar pebalap dan tim independen terbaik.”

1 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda