ARIPITSTOP.COM – Pemotor ini terlihat membonceng berlima, tidak ada yang memakai helm dan ditambah lagi melawan arus lalu lintas, komplit sudah pelanggaran yang dilakukan oleh pemotor ini.

Inilah salah satu pemandangan di jalan raya Indonesia, mereka sudah tahu akan bahayanya jika melanggar lalu lintas tetapi mereka, bahkan mereka juga tahu resiko keselamatan ketika di jalan raya, tetapi tetap saja mereka pada melanggar aturan lalu lintas.

Seperti yang terlihat dalam foto yang dishare oleh akun tmcpolda metro jaya, berlangsung di sekitar Jl. Raya Kalimalang Jaktim pada pagi ini, Selasa, 08-10-2019 kurang lebih pukul 7-an. Mungkin si bapak mau nganter anaknya sekolah. Nah, nampak jelas si bapak ini melakukan 3 kesalahan sekaligus, mulai dari Lawan arus, nggak pakai helm, dan berbincengan berlima.

Beruntung pemotor ini hanya mendapatkan tegoran saja tanpa ada penilangan. Jika merunut pada peraturan yang ada maka seharusnya pemotor tersebut mendapat sanksi cukup lumayan berat. Berikut isi sebagian pada UU lalu lintas No 22 tahun 2009 :

  • Pasal 287 ayat 1 dan 2 Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009 menjelaskan bahwa maksimal denda Rp 1 juta untuk kendaraan roda empat dan Rp 500 ribu untuk kendaraan roda dua bagi pengendara yang lawan Arus
  • Dalam UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yang disahkan DPR pada 22 Juni 2009, Pasal 291 dan ayat 1, disebgutkan, “Setiap pengendara atau penumpang sepeda motor yang tak mengenakan helm standar nasional dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.”
  • Dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan dijelaskan bahwa, “Mengangkut penumpang lebih dari satu, sebagaimana disebut dalam Pasal 106 ayat 9, dipidana dengan pidana kurungan 1 (satu) bulan atan denda paling banyak Rp 250.000”

4 KOMENTAR

  1. Serius tanya,

    Kira kira negara rugi apa kalau mereka tidak memakai helm?
    Atau ada yang di rugikan kalau mereka sampai (amit amit) kecelakaan?

  2. Knapa ngk disuruh jln kaki aja, klw jauh dianterin kaya pas syuting di tv, tuh boil blkng cukup, lalu tahan motornya .. … sakti X ditegor aja ….

Ketik Komentar Anda