ARIPITSTOP.COM – Suzuki Endurance Racing Team berhasil menjuarai balapan ketahanan FIM Endurance World Championship (EWC) tahun 2019-2020 yang dimulai seri perdananya di Prancis. Kemenangan ini menghapus dahaga Suzuki yang terakhir kalinya menjuarai seri yang sama tiga tahun silam. Tim unggulan yang musim 2018-2019 berhasil menjadi juara dunia justru tidak bisa finish.

Selama ini balap ketahanan yang kita kenal adalah seri Suzuka 8 Hours, padahal sebenarnya Suzuka 8H merupakan seri final dari semua rangkaian balapan ketahanan selama satu musim. Balapan ketahanan ini digelar dalam dua regulasi yaitu ada yang balapan full selama 8 jam dan yang kedua selama 24 jam penuh.

Untuk musim 2019-2020, FIM Endurance World Championship akan digelar sebanyak 5 seri yaitu di Bol D’or Prancis yang baru saja selesai yang digelar selama 24 jam, kemudian seri kedua akan dilangsungkan di Sepang pada 14 Desember 2019 (8H), seri ketiga di Le Mans Prancis pada 18-19 April 2020 (24H), lalu seri keempat di Jerman pada 6 Juni 2020 (8H) dan seri final seperti biasa digelar di Suzuka-Jepang pada 19 Juli 2020 (8H).

Untuk seri perdana yang baru saja selesai di sirkuit Bol D’or Prancis, Suzuki dinobatkan sebagai juara setelah berhasil finish pertama berhasil bertahan selama 24 jam. Hasil tak terduga justru menyelimuti tim2 besar seperti FCC TSR Honda dan YART Yamaha karena tidak bisa menyelesaikan jalannya balapan, bahkan sekelas juara bertahan musim 2018-2019 yaitu SRC Kawasaki France juga menyerah tidak bisa melanjutkan balapan.

Suzuki Endurance Racing Team dengan tiga pembalapnya Vincent Philippe, Gregg Black dan Etienne Masson yang mengunakan motor Suzuki GSX-R1000 berhasil bertahan meninggalkan gap 1 lap dengan juara kedua yaitu Wójcik Racing Team dan BMW MOTORRAD WORLD ENDURANCE TEAM berhasil juara ketiga dengan tertinggal 2 lap dari tim Suzuki Endurance Racing Team.

Dengan hasil sempurna, untuk sementara Suzuki Endurance Racing Team memimpin klasemen dengan 60 point. Seri kedua FIM Endurance World Championship akan berlangsung di Sepang bulan Desember mendatang, di Malaysia ini dipastikan akan diramaikan oleh pembalap dari MotoGP dan WSBK seperti Morbidelli, Van Dr Mark dan Hafiz Syahrin.

Berikut hasil balap FIM Endurance World Championship tahun 2019-2020 seri Bol D’Or :

Klasemen sementara :

 

1 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda