ARIPITSTOP.COM – Inilah efek jika menyimpan uang terlalu lama di Lemari atau dibawah kasur, uang jutaan rupiah dimakan rayap. Siapa yang tidak pilu kalau uang yang disimpan dengan maksud menabung justru habis dimakan oleh rayap. Seperti kisah yang dialami oleh Putri, uang sebesar 5,4 juta rupiah hancur dimakan rayap.

⁣Kisah Putri Buddin (23) yang uangnya dimakan rayap ramai jadi pembicaraan di media sosial. Uang itu adalah tabungan yang diberikan kepada neneknya. Dari jumlah Rp 5,4 juta uangnya yang rusak dimakan rayap, hanya bisa diganti oleh bank sebesar Rp 1,05 juta. ⁣⁣
⁣⁣
“Niat hati biar enggak boros, simpan uang di lemari, eh malah dimakan rayap. Sedih banget sumpah. Kalau uangnya rusak separah ini bisa ditukar ke bank enggak sih? Huhu,” tulis Putri dalam twitnya.⁣



Putri mengunggah foto uang kertas pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.000 yang rusak dimakan rayap ke media sosial. Dari total Rp 5,400,000 uang yang dimiliki, yang bisa diganti oleh BI hanya senilai Rp1.050.000. Hal ini lantaran uang yang dapat diganti harus memiliki keutuhan fisik sebesar minimal 67%.⁣⁣

Jadi kronologinya awalnya Putri ini memberikan uang pada neneknya sekitar setahun yang lalu, tapi sang nenek kini baru saja meninggal dunia. Lalu putri ini mengecek uang yang pernah ia berikan tersebut. Kaget, ketika mengecek isi lemari, Putri menemukan dua bungkus plastik berisi uang.

Jadi ada 2 bungkus, 1 bungkus di map kertas bank, 1 bungkus lagi di plastik. Nah yang di map langsung dibuang lantaran dah jadi sarang rayap. Sementara yang di plastik itu yang dia unggah ke Twitter.

Kemudian Putri mencoba untuk menghitung apakah ada sisa-sisa uang yang masih bisa diselamatkan. Jadi uang yang dibungkus plastik sejumlah Rp 5,4 juta dari yang bisa terhitung ini.

Selanjutnya Putri yang tinggal di Jaksel ini  pergi ke Bank Indonesia (BI) untuk menanyakan kepada petugas, sampai di Bank dan diperiksa oleh petugas, dari uang 5,4 juta hanya bisa ditukar sebesar 1,05 juta rupiah karena syarat uang rusak bisa ditukar di Bank jika uang tersebut minimal masih 67%.

1 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda