ARIPITSTOP.COM – Pemberitaan tidak sedap sebelumnya menghinggapi pembangunan sirkuit Mandalika yang rencananya akan digunakan untuk balapan MotoGP tahun 2021, masalah pembebasan lahan menjaadi isu utama. Namun pihak ITDC yakin bahwa balapan MotoGP di Indonesia tetap sesuai rencanan awal.

Sebelumnya tahun 2018 di Qatar, Dorna sudah mengumumkan kesepakatan dengan pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bahwa Indonesia dijadwalkan menggelar MotoGP di sirkuit Mandalika Lombok. Dukunganpun datang dari berbagai penjuru terutama para pecinta MotoGP di Indonesia.

Pembangunan sirkuit direncanakan mulai akhir tahun 2019 ini dan selesai tahun 2020, isu pembebasan lahan sempat keluar bahkan sempat nongol beritanya melalui media internasional speedweek.com. Akan tetapi kabar terbaru menegaskan jika pihak ITDC tetap berkeyakinan bahwa pembangunan tetap sesuai jadwal.

Dilansir dari kompas.com, Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer mengatakan, kepastian penyelenggaraan ajang MotoGP ini diperoleh setelah ITDC menandatangani Promoter’s Agreement dengan Dorna pada 28 Januari 2019 di Madrid, Spanyol.

Ketika itu, kata Abdulbar Mandalika ditunjuk untuk menjadi tuan rumah balap MotoGP selama lima tahun, mulai 2021. Tanggal balapan MotoGP Mandalika untuk musim 2021 akan diumumkan pada Agustus 2020.

“Kami sendiri menargetkan dapat melakukan uji kelayakan Sirkuit pada akhir 2020, dan dalam kesepakatan dengan Dorna pun tidak menysaratkan uji coba Sirkuit satu tahun sebelum tanggal balapan,” ujar Abdulbar.

Kini manajemen ITDC mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi NTB, dan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah. Pemerintah pusat telah berkomitmen meningkatkan aksesibilitas ke kawasan melalui pembangunan infrastruktur, berupa penyiapan akses jalan langsung/Bypass sepanjang 17 KM dari Lombok International Airport (LIA) ke The Mandalika, perpanjangan lintasan pesawat (runway) di Lombok International Airport (LIA), pengembangan pelabuhan Gili Mas menjadi cruise terminal.

Semoga balapan MotoGP di Indonesia tetap berjalan sesuai rencanan.

3 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda