ARIPITSTOP.COM – Setelah KTM Austria sukses memperkenalkan varian big bike di event Pekan Raya Jakarta 2019 yang lalu, yaitu Super Duke 1290 R dan Super Adventure 1290 R, 790 Duke (The Scalpel), serta 790 Adventure. KTM Indonesia juga sudah menyediakan pelayanan after sales dengan alat yang modern lebih canggih bernama Diagnostic XC-2 Tools.

Selaku distributor untuk big bike series dari KTM Austria, PT PJLM mengikuti global policy dari principal dalam hal ini KTM Austria, dan telah melengkapi Layanan after sales service nya dengan diagnostic tools versi terbaru dari KTM Austria yaitu XC-2, yang berbasis cloud KTM dan terintegrasi secara online dengan headquarters KTM di Austria.

Diagnostic XC-2 Tools KTM merupakan diagnostic tools tercanggih yang ada saat ini, karena selain berfungsi sebagai alat diagnosis, adanya malfunction/problem dari motor KTM, XC-2 Tools KTM juga dapat menyesuaikan karakter si pengendara. Dengan terintegrasi secara online dengan KTM Austria, Riders KTM akan mendapatkan pelayanan lebih, seperti adanya update informasi teknis (TI), update software, serta installation optional accessories yang berkaitan dengan software.

KTM XC-2 Tools juga memudahkan mekanik dalam proses repair, karena problem dapat di deteksi secara akurat dan bukan trial and error. Canggihnya alat ini selain mendeteksi kerusakan, juga memperlihatkan letak sparepart yang rusak, sehingga mekanik tidak perlu lagi bongkar2 body yang tidak berguna karena letak kerusakan sudah digambarkan oleh alat ini. Misalnya contoh dibawah ini, menunjukkan letak posisi cup busi.

Bukan hanya itu, Diagnostic XC-2 ini dilengkapi dengan Ride Recorder, alat tambahan ini berfungsi untuk merekam kerusakan yang terjadi ketika motor dijalankan. Sehingga memudahkan mekanik dalam menganalisa suatu kerusakan, misalnya konsumen mengeluhkan motornya brebet, maka mekanik tinggal colokkan Ride Recorder yang terhubung dengan ECU di motor, kemudian motor diajak riding hingga terbaca kapan posisi motor brebet, di rpm dan kecepatan berapa. Setelah selesai dibawa jalan, alat Recorder ini kemudian disambungkan ke XC-2 dan tinggal membaca riwayat kerusakannya.

KTM XC-2 tools adalah versi update terbaru dimana sebelumnya menggunakan XC-1. Akses XC-2 hanya bisa di gunakan di Jaringan official KTM yg resmi ditunjuk oleh KTM Austria melalui distributornya. Untuk tahun ini KTM Indonesia sedang menyiapkan alat diagnostic terbaru ini untuk 6 jaringan dealer big bikenya.

KTM Austria selain mempersyaratkan penggunaan alat diagnostik KTM XC-2 di jaringan layanan dealer yang memasarkan produk line up KTM (big bikes) juga memiliki standar mekanik yang disahkan dan sudah bersertifikat serta memenuhi standar kualitas dari KTM Internasional dan mengikuti langsung pelatihan di pabrik KTM di Mattighoven, Austria.

Saat ini PT PJLM telah memiliki mekanik yang tersertifikasi standard KTM Austria, dengan memiliki 3 level sertifikasi yaitu sertifikat bronze, sertifikat silver dan top advance level (orange level), hal ini untuk menjamin pelayanan after sales service untuk big bike KTM ditangani secara maksimal dan profesional.

Disamping itu PT PJLM memastikan bahwa spare parts untuk big bike tersedia di jaringan resmi after sales big bike KTM. Dari 20 jaringan dealer yang telah dimiliki PT PJLM, akan ada 7 dealer khusus yang menjual big bike dan akan dilengkapi dengan KTM XC-2 Tools dan international certified mechanic.

Ketik Komentar Anda