ARIPITSTOP.COM – Honda akhirnya resmi menunjuk Stefan Bradl untuk menggantikan Lorenzo yang dirundung cidera, pembalap tes ini bukan mengambil jatah wild card namun resmi sebagai pembalap pengganti yang pastinya akan memakai motor full spek RC213V milik Lorenzo. Ada apa dengan penggantian Lorenzo dengan Stefan Bradl ?.

Sebelumnya Lorenzo mendapat cedera pada sesi latihan bebas pertama MotoGP Belanda 2019 di Sirkuit Assen, pekan lalu. Lorenzo absen mengikuti sesi latihan 2 hingga balapan karena mengalami cedera punggung. Dia pun akan absen sekitar satu bulan dan baru akan kembali pada MotoGP Republik Ceska 2019, awal Agustus mendatang.

Untuk mengisi kekosongan pembalap, maka HRC resmi menunjuk Stefan Bradl untuk menggantikan Lorenzo balapan di Sachsenring Jerman yang merupakan negara asal dari Stefan Bradl. Kenapa harus HRC harus tunjuk Stefan Bradl ? ada dua jawaban.

Alasan yang pertama adalah HRC tidak mau kehilangan poin konstruktor, bisa kita ketahui bahwa rival berat mereka yaitu Yamaha, Ducati serta Suzuki sering mendapatkan poin dari kedua pembalap utama mereka, jika kekosongan terjadi maka Honda akan kehilangan meski satu poin.

Dan yang kedua adalah, seri ke-9 MotoGP berjalan di sirkuit Sachsenring Jerman yang merupakan rumah sendiri bagi Stefan Bradl. Balapan di rumah sendiri tentunya punya motivasi tinggi, serta akan punya dukungan penuh dari para penggemar serta penonton yang sebagian besar orang Jerman. Jelas… apalagi Stefan Bradl akan memakai motor full spek milik Lorenzo.

Namun banyak spekulasi penunjukan HRC terhadap Bradl, para pengamat balap MotoGP melihat ada misi khusus dimana Bradl yang memakai motor Lorenzo apakah mampu tampil lebih baik menaklukkan RC213V dan finish lebih baik dari Lorenzo. Disini akan menjadi bahan penelitian oleh HRC apa kesalahan atau kekurangan Lorenzo diatas RC213V.

Stefan Bradl tercatat pernah tampil pada empat seri balap di Sachsenring. Prestasi terbaik pembalap asal Jerman tersebut adalah finis pada urutan keempat bersama tim LCR Honda pada MotoGP 2013.

“Saya senang bisa bergabung dengan tim Repsol Honda. Balapan MotoGP Jerman istimewa karena diadakan di kampung halaman saya. Saya prihatin untuk Lorenzo dan mendoakan kesembuhannya. Di sisi lain, saya senang bisa membantu Honda dan menantikan balapan akhir pekan. Saya bekerja dengan baik bersama Honda dan bersyukur untuk kesempatan ini,” tutur Bradl.

 

Ketik Komentar Anda