ARIPITSTOP.COM – Mudik atau pulang ke kampung halaman merupakan fenomena tersendiri di Indonesia menjelang Idul Fitri dan mudik naik motor sudah seperti menjadi budaya di Indonesia, bahkan setiap tahun para pemudik yang naik motor semakin meningkat. Meksi begitu, tidak mudah mudik naik motor karena harus ada persiapan yang matang baik itu dari segi fisik, kemudian kondisi motor yang harus dipastikan dalam kondisi bagus terutama riwayat perawatan sebelum motor akan diajak mudik seperti jenis BBM yang dipakai, karena BBM yang bagus menjaga motor tetap dalam keadaan normal ketika dipakai. Lalu apa saja yang harus diperhatikan sebelum mudik naik motor ?.

  1. Kondisi Tubuh

Salah satu syarat utama ketika mudik naik motor adalah kondisi fisik, pastikan tubuh kita dalam kondisi sehat. Jika sedang sakit apalagi yang membutuhkan perhatian khusus lebih baik kita batalkan mudik naik motor. Jadi fisik faktor pertama dalam menentukan apakah kita mudik akan menggunakan motor. Lakukan istirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan, jangan begadang atau melakukan kegiatan fisik yang berlebihan sebelum hari H start menuju kampung halaman.

Waktu saat melakukan perjalanan naik motor juga jadi perhatian, diusahakan melakukan perjalanan dari pagi hingga sore hari, hindari melakukan perjalanan mudik di malam hari. Karena pada saat malam hari konsentrasi tubuh akan menurun dibandingkan ketika siang hari, dan angin malam juga tidak bagus untuk kesehatan tubuh kita.

2. Perlengkapan Safety Riding

Perlengkapan safety riding saat mudik naik motor sebenarnya tidak jauh dari perlengkapan ketika setiap hari beraktifitas naik motor. Hanya saja memang perlu ada penambahan agar lebih aman untuk perjalanan jarak jauh, seperti penggunaan helm disarankan yang tipe full face, kemudian tipe jaket yang tebal atau jaket khusus touring, sarung tangan, celana panjang, sepatu, serta masker atau Balaclava merupakan perlengkapan berkendara yang wajib digunakan dalam perjalanan jauh. Akan lebih bagus kalau memalai alat pelindung tambahan seperti deker dan rompi pelindung angin. Dan jangan lupa siapkan juga jas hujan dengan warna terang atau mencolok.

3. Cek kondisi motor

Ketika mudik menggunakan motor tentunya kita ingin motor kita tidak ada kendala di perjalanan seperti misalnya motor mogok, rantai atau v-belt putus atau justru mesin rusak parah akibat tidak kuat melakukan perjalanan jarak jauh. Oleh karena itu riwayat servis ketika motor dipakai dalam aktifitas sehari-hari juga harus diperhatikan. Jika riwayat perawatan bagus maka persiapan ketika motor akan diajak mudik menjadi lebih sedikit ketimbang motor yang kesehariannya minim perawatan. Contoh yang paling mudah adalah penggunaan jenis BBM. Jenis BBM yang dikonsumsi motor setiap hari sangat menentukan kondisi motor itu sendiri terutama di bagian mesin, pilih BBM yang berkualitas bagus seperti Shell V-Power karena BBM ini mengandung teknologi DYNAFLEX.

Seperti yang terjadi pada motor Saya sendiri, selalu memakai BBM Shell V-Power sehingga akslerasi motor tetap bertahan lebih lincah, kecepatan baik itu dari bawah menengah sampai kecepatan atas sangat mudah diraih. Bahkan yang paling menarik adalah motor Mio Smile saya yang sejak tahun 2013 sudah memakai Shell V-Power, sampai saat ini belum pernah satu kalipun mengalami masalah di bagian saluran bahan bakar dan ruang bakar. Sudah 6 tahun memakai Shell V-Power belum perlu untuk dilakukan servis besar.

Tak pelak ketika mengkonsumsi Shell -V-Power tarikan motor jadi lebih spontan dan ringan. Praktis kita tidak membutuhkan putaran gas terlalu dalam untuk mendapatkan akselerasi yang dibutuhkan. BBM Shell V-Power membantu seluruh pembakaran makin sempurna dan ujung-ujungnya membuat motor lebih bertenaga awet serta prima dan hemat konsumsi bahan bakarnya. Dan pastinya berujung pada hemat biaya perawatan karena efeknya motor tidak cepat turun mesin.

Itulah kenapa riwayat perawatan motor juga harus dijaga baik-baik agar motor tetap dalam kondisi prima ketika dipakai untuk mudik. Sebelum diajak mudik, pastikan kondisi sparepart fast moving dalam keadaan masih bagus dan layak dipakai, seperti ketebalan kampas rem, oli mesin juga harus diganti, Busi disarankan ganti dan bawa cadangan. Tidak ketinggalan kondisi rantai atau V-Belt dan Roller pada motor matic. Pastikan velg motor dalam kondisi bagus dan juga kondisi Ban harus masih ada kembangannya jangan sampai Ban yang sudah gundul tetap dipakai untuk perjalanan mudik karena bisa membahayakan keselamatan. Pastikan cek semua kelayakan motor di bengkel terpercaya.

Ketika akan melakukan perjalanan mudik baik itu memakai motor ataupun memakai mobil, Saya sarankan untuk melakukan one stop service mulai dari isi full tank kendaraan kita dengan Shell V-Power agar tenang di jalanan bahkan tak perlu isi BBM lagi sampai tujuan, kemudian pengecekan mobil dan ganti oli di bengkel Lubebay dan jangan sampai kelupaan untuk beli kebutuhan snack di perjalanan di Select sebelum melakukan perjalanan mudik. Jadi saat terkena macet di jalan sudah tenang akan kondisi kendaraan kita dan sudah ada cemilan yang menemani😊.

1 KOMENTAR

  1. Setuju Lek… Dulu jaman merantau sy selalu mudik pake motor. Persiapan fisik sangat penting lantaran perjalanan di musim mudik jauh lebih cape dibanding hari biasa.

Ketik Komentar Anda