ARIPITSTOP.COM – Marquez berhasil menjuarai seri ketujuh MotoGP yang berlangsung di Catalunya, kemenangan Marquez ini tanpa ada yang bisa menyentuhnya sejak lap kedua akibat insiden yang melibatkan Lorenzo, Dovizioso, Vinales dan Rossi. Quartararo akhirnya mendapatkan podium pertamanya di kelas MotoGP.

Quartararo start terdepan di Catalunya disusul Marquez. Dovizioso melakukan start dengan bagus. Start dari posisi kelima, dia langsung menyodok ke depan. Quartararo yang menempati pole lagi-lagi gagal start dengan bagus sehingga disalip Marquez dan juga Vinales.

Masuk lap kedua Dovizioso masih memimpin disusul Marquez, insiden fatal terjadi pada lap kedua Lorenzo kehilangan keseimbangan dan terjatuh, sepertinya dia late braking.

Motor Lorenzo yang tergelincir menyenggol Dovizioso dan Vinales sehingga ikut terjatuh, dan terakhir Rossi juga kena imbas sehingga melebar keluar lintasan hingga terjatuh akibat terkena luncuran motor Lorenzo. Keempat pembalap tersebut gagal meneruskan balapan.

Insiden tersebut membuat Marquez nyaman memimpin di depan. Dia diikuti Danilo Petrucci, Alex Rins, dan Quartararo. Rombongan tersebut awalnya berjarak rapat, namun perlahan Marquez melebarkan jarak.

Marquez tak tersentuh, alhasil pertarungan sengit terjadi di barisan kedua yang diisi oleh Petrucci, Alex Rins dan Quartararo. Tujuh lap sebelum balapan berkhir Rins melakukan kesalahan saat menikung sehingga sempat melebar. Posisi pembalap Suzuki tersebut melorot ke urutan ketujuh.

Tak lama berselang, Quartararo melakukan manuver sehingga berhasil menyalip Petrucci untuk menempati posisi kedua. Berselang satu lap, kali ini Cal Crutchlow yang terpaksa menyudahi balapan lebih dini karena tergelincir saat menikung.

Last lap, Marquez semakin menjauh dan Quartararo masih tampak nyaman di posisi kedua hingga menyentuh garis finish. Petrucci finish ketiga sedangkan Alex Rins berhasil finish keempat setelah overtake Jack Miller.

Berikut hasil MotoGP Catalunya 2019 :

1 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda