ARIPITSTOP.COM – Untuk kedua kalinya, motor termahal dari Ducati mendapatkan recall akibat permasalahan yang membahayakan konsumennya, tangki pada motor Ducati Panigale terindikasi kurang ventilasi sehingga bahan bakar bisa menyembur keluar yang tentunya membahayakan si pengguna.

Belum genap satu tahun dirilis, akhir tahun 2018, Ducati Panigale V4, V4 S, dan V4 S Speciale dengan keluaran tahun 2018-2019 terkena recall. Penarikan tersebut berasal dari sistem pendingin oli pada Panigale V4, yang mengalami kebocoran pada saluran output.

Menurut dokumen recall NHTSA, saluran output pendingin oli bisa mengalami keretakan selama penggunaan ekstrim, seperti ketika superbike 1,103cc digunakan pada trek balap. Penarikan kembali akan dilakukan pada 1.663 unit Ducati Panigale V4.

Dan yang terbaru kali ini terdapat masalah pada tutup tangki. Ducati kembali melakukan kampanye keselamatan dengan menarik Panigale series mulai dari V4, V4 S, Speciale, dan R yang terjual di wilayah Amerika Utara.

Berdasarkan laporan National Highway Traffic Safety Administration disebutkan 1.880 unit Ducati Panigale Series terkena penarikan. Produk tersebut diproduksi rentang dari 12 September 2018 – 20 Mei 2019. 
Tutup tangki tidak memiliki ventilasi yang cukup, sehingga ada tekanan yang ditimbulkan dari dalam tangki ketika motor digunakan. Sehingga akan timbul suara mendesis di tangki akibat tekanan yang berlebih. Ketika tutup tangki dibuka, tekanan dari dalam tangki dapat menyebabkan bahan bakar menyembur keluar.
NHTSA menyarankan agar para konsumen tidak langsung membuka tangki ketika terjadi desisan, konsumen harus menunggu sampai desisan hilang ketika mau membuka tangki motornya.

 

1 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda