ARIPITSTOP.COM – Saat ini Suzuki Indonesia tengah memamerkan Suzuki Katana 1000 di booth PRJ 2019, kabar yang berhembus sich harganya akan menembus kisaran 350an jutaan atau bahkan bisa menyentuh angka 400juta. Banyak yang berharap kepada Suzuki agar ada motor Katana versi kapasitas kecilnya, dan ternyata versi Katana ecil itu sudah ada loch… inilah Suzuki GF125U, motor dengan simbol Pedang Samurai khas Jepang.

Yap, Suzuki GF125U motor ini hanya diproduksi oleh Nanjing Jincheng Group of China sekitar tahun 2005 silam. Motor ini memiliki kapasitas mesin 124,5 cc, 4T DOHC, 4 klep, berpendingin udara, single cylinder, dengan 5 percepatan. Suzuki GF 125U mampu mengeluarkan power hingga 15PS dan mampu meraih top speed hingga 100 kpj.

Mesin GF125U dilengkapi dengan teknologi TSCC (Twin Swirl Combustion Chamber), bentuk desain yang ada di intake klep yang bertujuan membuat dua putaran gas bakar yang terpisah. dengan TSCC akan mengasilkan putaran dari ledakan bahan bakar lebih besar di dalam cylinder. TSCC ini bukan hanya diaplikasikan ke Suzuki GS, GN dan GZ series, tetapi juga diaplikasikan sampai ke desain dapur pacu Moge-moge superbike milik Suzuki.

Melihat desainnya sudah jelas banget motor ini mengadopsi desain dari Katana 1000. Desain lampu depan yang unik mengkotak, begitu juga dengan desain lampu belakang serta lampu sein serba kotak.

Lihat di cover bodi bagian tengah ada simbol pedang Katana.

Bagian pengereman depan memakai rem cakram sedangkan untuk rem belakang memakai rem tromol serta swing arm yang kotak. Speedometer masih analog jarum speedometer serta jarum rpm yang berdampingan. Lihat bagian knalpotnya, mirip Suzuki Shogun ya, hehehe…

Suzuki GF 125U alias Katana versi kecil ini mungkin bisa dihidupkan kembali seperti Katana 1000 yang sedang dipamerkan Suzuki Indonesia di PRJ 2019. Kembali dihidupkan dengan desain lebih fresh tidak meninggalkan khas Katana dan mesin bisa pakai seri GSX150.

6 KOMENTAR

  1. Knalpotnya mengingatkan shogun gen 1, saran buat susuki mending buat model retro klasik macam w175 atau exmotion skalian, klo gini tanggung modelnya

  2. jadi ingat,
    dulu pernah ada Suzuki Katana (TRZ 125) di Indonesia.
    tapi gak laku karena kalah pamor dengan Yamaha RX series.

  3. Nasibnya akan sama dengan Suzuki Thunder 125cc.. modelnya masih ga bisa di terima di pasaran..aneh.

Ketik Komentar Anda