ARIPITSTOP.COM – Arus mudik dikatakan sukses berkat sistem one way yang dilakukan dari Tol Cikarang hingga Brebes, tak ada kepadatan berarti di ruas jalan tol ketika arus mudik tahun ini. Dan untuk arus balik, pihak Kepolisian sudah berencana untuk melakukan sistem yang serupa akan tetapi dengan jalur yang lebih panjang yaitu dari Semarang hingga Cawang – Jakarta.

Sebelumnya rencana sistem one way untuk arus balik dijadwalkan pada tanggal 7, 8, dan 9 Juni 2019, dari Km 262 di Brebes sampai Pintu Tol Cikarang Utama Kilometer 29. Namun saat ini pihak Kepolisian akan memberlakukan one way dengan ruas jalan tol yang lebih panjang jika arus lalu-lintas terpantau sangat padat.

“Kalau terjadi kepadatan yang luar biasa di hari Sabtu-Minggu upayakan jangan paksakan diri. Kita mungkin akan rekayasa lalu lintas, contraflow maupun mungkin one way paling tidak dari Kalikangkung, Semarang, sampai Cawang (Jakarta), kita akan berlakukan. Semua akan situasional,” kata Jenderal Polisi Tito Karnavian via kompas.com.

Rekayasa jalur one way memang terbukti berhasil mengatasi kepadatan arus mudik tahun ini, terbukti tahun ini berangkat dari Jakarta hingga semarang bisa ditempuh hanya dengan waktu 7 jam saja.

Advertisements

Ketik Komentar Anda