ARIPITSTOP.COM – Kali ini saya mencoba untuk berbagi pengalaman penggantian ban di motor Honda PCX 150, sebenarnya sich motor baru berusia dua bulan, namun karena akan dibawa mudik dan pengen coba ban yang lebar akhirnya digantilah ban dengan ukuran yang lebih lebar dari standarnya. Kali ini saya percayakan memakai ban Aspira Premio Sportivo, dengan ukuran naik satu step untuk ban depan dan naik dua step untuk ban belakang.

Ukuran standar ban depan Honda PCX 150 adalah 100/80-14 saya coba naikkan satu step menjadi 110/80-14. Dan ketika terpasang ternyata ban depan maksimal hanya bisa naik satu step saja alias mentok diukuran 110/80-14, kalau mau naik satu step lagi dipastikan akan mentok dengan spakbor depan.

Ternyata ukuran 110/80 saja ternyata sudah mepet banget, bahkan ketika diajak riding, terdengar suara gesekan, tetapi gesekan tersebut dihasilkan dari gesekan antara rambut ban dengan spakbor, jadi sebenarnya. Kalau tidak mau berisik, rambut bisa dipotongin tuch, atau sebenarnya dibiarkan saja nanti juga akan hilang dengan sendirinya jika setiap hari dipakai.

Bisa dilihat gambar dibawah ini, celah antara ban dengan spakbor begitu tipis banget.

Kemudian untuk ban belakang, saya juga memakai Aspira Premio Sportivo dengan ukuran 140/70-14, ukuran ini naik dua step dari aslinya yaitu 120/70-14. Dan lagi2 ternyata ukuran 140/70 itu ukuran maksimal, karena sudah terlalu mepet dengan spakbor, kalau mau naik satu step lagi ke 150/70 sebenarnya bisa, asalkan harus melepas spakbor atau diakalin spakbor belakangnya agar bisa naik punya kerenggangan bebas dengan ban.

Berikut penampakannya, sudah mepet banget tersisa celah yang sempit.

Ketika melihat Honda PCX 150 memakai ban dengan ukuran yang lebih besar ini, ternyata lebih sedap dipandang yak… ban depan tampak simetris dengna ban belakang. Bisa dilihat ban belakang tampak lebih proporsional. Kenapa AHM tidak memakai ban lebih lebar sekalian, terlebih kalau melihat ukuran ban dari kompetitor juga ukurannya lebih lebar dari standarnya ukuran ban PCX.

Kalau melihat desain kembangan ban dari Aspira Premio ini ada yang tampak aneh, bisa dilihat kalau alur bannya terbalik menghadap kebelakang. Desainnya sama tapi arah alurnya berkebalikan. Ban depan ulirnya mengarah ke belakang, sedang ban belakang arah sebaliknya ke depan. Dari pihak Astra Otopart sendiri pernah menjelaskan kalau mereka memiliki pattern sendiri, ban depan itu fungsinya untuk memecah air, desain ini bisa melakukannya dengan baik. Sedangkan ban belakang itu untuk traction, sehingga keduanya bisa melakukan peran dengan baik.

4 KOMENTAR

  1. klo depan pake profil tipis ukuran 110/70-14 ky na engga terlalu mefet. klo belakang naik 2 step terlalu jauh, mending aman 1 step.

    oh iya, sekalian review donk ban na jg, traksi na bagus engga.

  2. maksa banget bang, gak kadian motornya.. yang di dapat malah nyaman enggak lemot iya ‘+tambah boros juga.

Ketik Komentar Anda