ARIPITSTOP.COM – Motor asal Cina ?, pasti dalam benak kita adalah produk klonengan yang desainnya lebih sering jiplak motor pabrikan asal Jepang. Dan kali ini bisa kita lihat desain dari Honda Vario dijiplak mentah2 oleh salah satu pabrikan asal Cina hingga membuat pihak Honda berang dan memperkarakannya ke pengadilan.

Pada Oktober 2016, Ruili Customs, anak perusahaan dari Kunming Customs, menyita setumpuk komponen lengkap motor yang ditandai dengan merek dagang “HONDAKIT” yang dipercayakan oleh perusahaan bernama Taizhou Motorcycle Co., Ltd., yang diduga melanggar penjiplakan merk Honda.

Untuk menghentikan pelanggaran, Honda mengajukan gugatan terhadap Pengadilan Rakyat Menengah Taizhou pada 13 Januari 2017, dan mengajukan permohonan ke pengadilan untuk pelestarian properti tepat waktu untuk menyita set lengkap motor yang terlibat dalam kasus ini dan mencegah produk yang melanggar memasuki pasar.

Setelah persidangan, Pengadilan Menengah Rakyat Taizhou mengeluarkan putusan pada 20 Juli 2017, meminta perusahaan sepeda motor di Taizhou untuk berhenti melanggar hak eksklusif merek dagang terdaftar “HONDA” milik Honda dan memberikan kompensasi kepada Honda atas kerugian ekonomi sebesar RMB 350.000.

Taizhou Motorcycle Co., Ltd. menerima putusan pengadilan dan memenuhi tanggung jawabnya sebagai kompensasi. Putusan di atas telah berlaku secara hukum.

Akan tetapi, pengalaman atas pidana hukum tersebut belum juga membuat jera pihak Taizhou Motorcycle, pasalnya baru-baru ini justru mereka mendaftarkan sebuah desain paten yang amat sangat mirip banget dengan New Honda Vario atau Honda Click.

Bahkan tidak tanggung tanggung, desain paten ini juga menyematkan anam “Honda Click” serta “eSP”, padahal kedua nama tersebut sudah sangat identik dengan Honda.

Bisa dilihat dari gambar paten dibawah ini yang desainnya benar2 sama dengan Honda Vario kecuali di bagian speedometer yang masih analog. Dari segi tebeng, headlamp, lampu belakang, velg spion semuanya mirip banget kan…

Ketik Komentar Anda