ARIPITSTOP.COM – Akhir pekan ini balapan MotoGP memasuki seri kelima yang akan digelar di sirkuit Le Mans Prancis, namun bagi tim Ducati akan ada yang berbeda yaitu menghilangnya logo “Mission Winnow” yang sedang menjadi kontroversial akibat diduga mengandung unsur iklan berbau rokok.

Di beberapa negara terutama di Eropa, Amerika dan Australia sudah secara terang-terangan melarang balapan dengan iklan yang berbau rokok. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa aponshor utama dari Ducati adalah rokok Marlboro, namun dikemas dalam bentuk lain.

Mission Winnow merupakan bagian dari Philip Morris, produsen rokok Marlboro yang juga merupakan sponsor tim balap F1 Ferrari. Mission Winnow adalah kampanye inisiatif Phillip Morris yang didedikasikan untuk ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi. Meski demikian, sponsor Ferrari, Mission Winnow, bersikeras jika mereka telah sepenuhnya mematuhi undang-undang periklanan tembakau yang berlaku di Australia.

Terlebih desain dari logo “Mission Winnow” berbentuk memanjang seperti rokok dengan filternya. Meski demikian, Pemerintah Australia tetap mempermasalahkan adanya logo itu di livery tim Ferrari yang akan mentas di Melbourne pada 15-17 Maret 2019.

Dan Prancis adalah negara yang menolak segala bentuk iklan rokok, oleh karena itu Ducati menghilangkan logo “Mission Winnow” dengan mengganti nama pembalapnya.

Bisa dilihat logo di fairing yang kini berubah menjadi nama pembalap masing-masing, lalu di Topi berubah menjadi “DUCATI”, dan logo “Mission Winnow” juga akan menghilang di werpak masing2 pembalap.

Ketik Komentar Anda