ARIPITSTOP.COM – Hampir 15 juta kendaraan di Jakarta dan sekitarnya diprediksi akan menjalani perjalanan mudik, prediksi mudik lebaran tahun ini akan meningkat. Jumlah pemudik mobil tahun ini meningkat 30% sedangkan pemudik yang naik motor meningkat 20%.

Total kendaraan yang akan meninggalkan Jabodetabek pda lebaran tahun 2019 ini diprediksi mencapai 14,9 juta kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat. Berdasarkan hasil survei Angkutan Lebaran 2019 dari Badan Litbang Perhubungan, Jawa Tengah masih jadi tujuan utama pemudik, disusul Jawa Barat dan Jawa Timur di tempat ketiga.

“Pemudik sebagian besar menuju ke Jawa Tengah, nomor dua Jawa Barat dan Jawa Timur. Sisanya lain-lain termasuk ke luar pulau, ke arah Sumatera ada tapi tidak banyak jika dibandingkan dengan Jawa,” kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin.

Jawa Tengah menyerap 5,6 juta atau 37,68 persen dari total pemudik. Jawa Barat di posisi kedua sebesar 3,7 juta atau 24,89 persen, dan Jawa Timur sebesar 1,6 juta atau 11,14 persen. Pengunaan jalan tertinggi untuk roda empat masih berada di Tol Cikampek, sedangkan roda dua di jalur Pantura.

Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan panjang, pihak Kepolisian akan memberlakukan tol satu arah saat arus mudik dan arus balik. Diharapkan penerapan one way dapat memperlancar arus kendaraan sehingga waktu tempuh masyarakat dari Jakarta ke arah Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur akan lebih singkat.

Berikut jadwal pemberlakuan Tol satu arah :

Arus Mudik 

Jalur satu arah ini dijadwalkan pada tanggal 31 Mei, 1 Juni, dan 2 Juni 2019, dari Pintu Tol Cikarang Utama Kilometer 29 hingga Km 262 di Brebes

Arus Balik

Penerapan jalur searah saat arus balik dijadwalkan pada tanggal 7, 8, dan 9 Juni 2019, dari Km 262 di Brebes sampai Pintu Tol Cikarang Utama Kilometer 29.

sumber : kompas.com

Ketik Komentar Anda