ARIPITSTOP.COM – Yamaha kembali memanggil para konsumen pembeli Yamaha R3 untuk melakukan penggantian handle rem, part ini terdeteksi ada kesalahan proses produksi sehingga mudah patah. Kondisi seperti ini bisa membahayakan kondisi sang biker terlebih ketika handle rem tiba2 patah saat dibuat mengerem.

Recall terhadap Yamaha R3 ini dikeluarkan oleh National Highway Traffic Safety Administration (Amerika) dan melibatkan 198 unit motor yang diproduksi pada rentang waktu 6 February sampai 6 Maret 2019. Bahan metal handle rem dari motor ini dilapisi oleh kandungan porosit. Porosit merupakan gelembung udara yang harusnya adalah metal solid. Akibat adanya Porosit ini, maka cetakan handle rem seperti ada lobang atau gelembung udara di dalam cetakan handle rem sehingga kekuatan handle rem menjadi berkurang.

Memang kerusakan ini tidak memerlukan perbaikan yang cukup rumit, namun tetap fatal risikonya bila patah saat motor diajak riding. Tak terbayangkan ketika riding dalam kecepatan tinggi dan akan mengerem tiba2 handle rem patah ketika kita sedang menekan handle remnya. Handle rem yang mengalami masalah tersebut dilabeli dengan kode ‘K3 9A 16’ dan ‘K4 9A 16’. Pemilik Yamaha R3 dengan handle rem berkode seperti itu bisa mengantarkannya ke diler atau tempat servis untuk minta penggantian secara gratis.

2 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda