ARIPITSTOP.COM – Joan Mir menjadi salah satu pembalap debutan yang menjadi perhatian di musim MotoGP 2019, penampilan perdananya diatas GSX-RR terbukti dirinya mampu cepat beradaptasi terlebih ketika performa GSX-RR sedang bagus di musim ini meski belum bisa menyamai dengan sang tandem Alex Rins, tapi ia yakin performanya tak jauh berbeda dari Alex Rins.

Berbeda dengan Alex Rins, Joan Mir gagal mempersembahkan poin untuk timnya pada tiga balapan terakhir. Pencapaian terbaik Mir sepanjang musim kompetisi MotoGP 2019 ialah finis di urutan kedelapan pada seri pembuka yang digelar di Qatar. Meski begitu dirinya yakin bahwa performa dirinya tak jauh beda dengan Alex Rins dan tetap berusaha untuk menyamai performa Rins.

“Saya tak terlalu tertinggal. Jika lihat sesi latihan dan kualifikasi, kami tak terpisah terlalu jauh. Masalahnya, Alex bisa menunjukkan potensi saat saya jump start di Austin. Ini bukan cerminan nyata. Kami berdekatan di setiap sesi. Ini jelas target, demi membantu Alex mengembangkan motor dan juga saling bantu memperbaiki diri,” ujar Joan Mir dilansir dari motorsport.

Juara dunia Moto3 2017 ini mengaku puas atas pengembangan motor selama masa pramusim, dan hal ini membantu proses adaptasinya sebagai debutan.

“Saya sangat nyaman dengan motor kami. Saya bekerja keras agar lebih halus pada gas dan agresif pada pengereman. Saya terkejut atas potensi kami, tapi juga nasib buruk yang kami hadapi. Saya menghabiskan banyak waktu mengatasi masalah dan berusaha mendekati Alex. Secara umum kami punya gaya yang mirip,” ungkapnya.

Joan Mir mencoba untuk berbicara soal kelemahan motor GSX-RR di musim 2019, dimana motor ini susah diajak kencang ketika sesi kualifikasi.

“Satu-satunya kelemahan Suzuki adalah lap tunggal. Kami tak bisa mencatat waktu yang baik pada sesi kualifikasi. Padahal kami bisa mencatat begitu banyak lap menjanjikan bila bisa menemukan keseimbangan yang tepat. Jika sudah teratasi, kami pasti bisa melaju lebih cepat di depan,” pungkas Mir.

Ketik Komentar Anda