Beranda BENGKEL Kondisi Busi Seperti Ini Tinggal Nunggu Motor Mogok

Kondisi Busi Seperti Ini Tinggal Nunggu Motor Mogok

8

ARIPITSTOP.COM – Busi menjadi salah satu komponen terpenting dalam motor, Busi punya peran vital untuk memicu terjadinya proses pembakaran di ruang bakar, sehingga piston bisa bekerja naik-turun terjadi langkah kerja agar motor bisa berjalan. Oleh karena itu Busi perlu rutin kita ganti agar motor tetap dalam kondisi fit. Jangan sampai motor menunggu mogok dulu, baru ganti busi yang baru.

Faktor terjadinya pembakaran karena adanya campuran bahan bakar yang sempurna, kompresi yang bagus di ruang bakar dan adanya pengapian yang bagus. Itulah tiga faktor utama agar sebuah motor bisa berjalan. Sistem pengapian di dalam motor berawal dari pick up koil, magnet, kemudian ada CDI/ECU, diteruskan ke Ignition koil, kepala busi dan berakhir di busi. Busi menjadi peranan penting dalam terciptanya pengapian yang bagus, oleh karena itu Busi menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan setiap perawatan motor.

Jika kondisi elektroda dalam Busi sudah aus, maka percikan api yang ditimbulkan tidak bisa maksimal sehingga proses pembakaran campuran bahan bakar tidak sempurna sehingga performa motor menjadi menurun. Bahkan jika kondisi elektroda di Busi sudah sampai habis, maka busi tidak bisa lagi memercikkan api sehingga motor menjadi mogok.

Contoh ketika elektroda Busi hampir habis seperti dalam foto dibawah ini, sedangkan disampingnya merupakan kondisi Busi yang masih bagus, terlihat jelas perbedaannya.

Elektroda Busi sampai aus hampir habis, kondisi seperti ini sudah jelas pengapian tidak maksimal lagi sehingga performa motor dipastikan menurun. Lalu kapan idelnya ganti busi ?, perawatan busi cukup dibersihkan maksimal setiap 3,000 km dan untuk penggantian disarankan dalam rentan 6.000 km. Meskipun sebenarnya Busi akan tetap memercikkan api ketika dipakai hingga rentan waktu 20.000 km tetapi kondisi pengpaian sudah tidak sehat lagi, alias yang penting motor bisa jalan.

8 KOMENTAR

  1. Kalo saya dulu ga pernah ganti busi bertahun2 sampai akhirnya motor saya meletup2 waktu di starter qiqiqi 😳

  2. mas ari, motor ane msh std. klo dr rpm 1500 s/d 7000 motor larinya msh normal, tp klo 7000 ke atas agak ngeden & susah naiknya, apa bisa dr businya? emank ni motor br 13500an km blm ganti busi, niatnya sih bentar lg mau ganti busi dr bawaan Bosch VRN5NE ke NGK LKAR8AI-9. oh iya, klo rantai nya kendor kenceng ngaruh engga?

  3. Minta pendapat bos…motor di hidupkan bunyinya macam knalpot bocor..ttpi tidK…ifu pengaruhnya apa bos?

Ketik Komentar Anda

%d blogger menyukai ini: