ARIPITSTOP.COM – Nerjang banjir ?, kalau tinggi genangan air lebih dari tinggi knalpot atau filter udara, lebih baik motor dimatikan kemudian didorong daripada air masuk ke ruang bakar dan akhirnya terjadi water hammer dan boooooom… stang piston bengkok kemudian crankcase pecah.

Seperti yang dialami oleh bro Putra Ongo ini, motor Nmax ini crankcasenya jebol setelah menerjang bajir, dirinya sudah ganti oli ketika banjir tetapi karena masih ada air yang kemungkinan ada di box filter udara alhasil motor jadi mogok akibat piston macet stang piston bengkok dan membelah crankcase.

Apa sich water Hammer, meski ada juga yang menyebutkan sebagai hydrolocked, entah mana yang benar namun lebih familiar di kalangan para biker atau mekanik adalah Water Hammer.

Untuk pengertian lebih mudahnya adalah ketika air masuk ke ruang bakar melalui filter udara karena tekanan hisap dari ruang bakar melalui filter udara, ketika air menggenangi filter udara maka air kehisap ke ruang bakar dan memenuhi ruang bakar sehingga ikut terkompresi. Karena air tidak bisa terbakar ikut terkompresi dan piston terus berputar maka tekanan piston yang dihasilkan dari putaran mesin mengakibatkan stang piston bengkok akibat piston berhenti mendadap sedangkan dorongan mesin terus berlanjut. Pada akhirnya motor mogok karena piston macet tidak bisa bergerak lagi.

Bagaimana menghindari water hammer ? jangan nekat menrjang banjir setinggi apalagi melebihi tinggi filter udara, posisi paling aman kalau kepepet ketika menerjang banjir adalah tinggi air maksimal setinggi mesin CVT yang efeknya nggak akan water hammer namun selip saja karena air masuk ke ruang CVT dan bisa sembuh lagi ketika air di CVT sudah habis atau kering.

Kalau terpaksa harus menyeberang banjir tinggi lebih baik motor dimatikan lalu didorong saja. Setelah didorong sudah sampai tempat yang aman dari banjir pastikan filter udara tidak ada airnya, lepas busi dan selah-selah 5-10 kali untuk memastikan tidak air di ruang bakar. Pastikan juga air tidak tercampur dengan oli mesin, untuk motor matic setalah menerjang banjir cek kondisi oli gardan.

11 KOMENTAR

  1. Klo water hammer bisa bikin stang seher bengkok = kompresi motor auto turun / jadi auto overbore, stroke memendek & bore tetap hahahhaaa

  2. kayaknya vang kobayogas sengaja beritanya nmax yang kayak gini..mungkin karena banyak yang mendesak artikel petisi pcx.. imho… karena berita blog adalah hak pemilik blog itu sendiri..

  3. bukan karena airnya tidak bisa terbakar kang, tapi karena air tidak bisa terkompresi seperti udara. kalo misalnya ada banyak bensin di box filter udara, terus terhisap juga bakalan hydrolocked

Ketik Komentar Anda