ARIPITSTOP.COM – Akhirnya secara resmi motor Ducati Panigale V4 R diturunkan rpm mesinnya sebanyak 250 rpm, hal ini setelah Bautista mendominasi balapan WSBK 3 seri sebelumnya dengan 9 kali kemenangan dari 9 kali balapan gang digelar. Jika motor Ducati disunat, motor Honda Fireblade ditambah rev limitnya sebanyak 500 rpm.

Keputusan ini diambil setelah melihat hasil konsesi yang didapatkan oleh semua pabrikan. Dan regulasi yang berlaku di WSBK adalah, jika sebuh tim memilik selisih konsesi hingga 9 poin maka tim tersebut akan mendapatkan fasilitas penggantian part atau bisa juga ditambahkan RPM limitnya. Tim yang saat ini bisa mengupgrade partnya adalah Yamaha, BMW dan Honda, Kawasaki belum bisa mendapatkan hak konsesi karena belum selisih 9 poin dari Ducati.

  • Ducati : 6 Kali kemenangan ( 20 Poin Konsesi ), Bautista 18 + Davies 2
  • Kawasaki : 6 Kali Finish di Podium 2 ( 13 Poin Konsesi ), Jonthan Rea 12 + Haslam 1
  • Yamaha : 3 Kali Finish di Podium 3 ( 3 Poin Konsesi ), Lowes 2 + Melandri 1
  • BMW : 0 Poin Konsesi
  • Honda : 0 Poin Konsesi

Semua motor (Yamaha, Honda dan BMW) boleh menambah satu part untuk meningkatkan performa motor  kecuali Kawasaki karena belum selisih 9 poin dengan Ducati dan tentunya Ducati sebagai penguasa.

Keputusan FIM ini berlaku mulai WSBK seri Assen akhir pekan ini, sehingga motor Ducati yang sebelumnya memiliki batas RPM sebesar 16.350 rpm disunat menjadi 16.100 rpm sementara untuk motor Honda Fireblade SP2 ditambah 500 rpm menjadi 15.050 rpm.

2 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda