ARIPITSTOP.COM – Oli mesin berubah warna jadi putih susu ?, itu yang namanya Milky memang menjadi momok tersendiri buat biker, apalagi kalau motor yang sudah memakai pendinginan air radiator. Air radiator masuk ke mesin akhirnya oli berubah warna dan merusak sparepart alias jeroan motor.

Ada dua faktor kenapa oli mesin bisa berubah menjadi putih atau berwarna coklat, yang pertama oli mesin tercampur dengan air dan yang kedua adalah oli mesin tercampur dengan air radiator.

Oli bercampur Air 

Air bisa masuk melalui selang hawa mesin yang biasanya disalurkan ke box filter udara atau selangnya ditaruh diatas crankcase dijalurkan menghadap kebawah. Kemudian air juga bisa masuk melalui box filter udara saat menerjang banjir atau saat mencuci motor yang tidak sengaja airnya masuk box filter, biasanya ketika mencuci motor sambil jok dibuka ( khusus sebagian motor saja terutama motor bebek dan sport).

Faktor dijahilin, air dimasukkan melalui lobang masuk oli. Ini sich faktor dendam kesumat…

gambar dari grup facebook

Oli bercampur Air Radiator

Oli mesin yang tercampur air radiator biasanya lebih aman dibandingkan tercampur air murni, tapi tetap saja sangat berbahaya untuk kondisi part di dalam mesin terutama kalau tidak sadar air radiator tiba2 sudah habis.

Air radiator bisa masuk ke mesin karena faktor Seal yang ada di pompa air radiator sudah bocor/jebol atau paking/gasket/oring sudah mengalami kebocoran. Usahan selalu cek air radiator yang ada di tabung reservoir, kalau semakin habis dan kita selalu menambah air radiatornya, maka patut dicurigai ada kebocoran. Karena Air radiator yang kualitas bagus sejatinya tidak akan habis menguap kecuali habis karena ada kebocoran.

gambar dari grup facebook

Jika oli mesin sudah terlanjur menjadi Milky, usahakan langsung membongkar bagian mesin terutama di bagian bak kopling dan Bak magnet (kecuali motor 2T). Bersihkan kopling, magnet dan teman2nya dengan bensin. Jika sudah bersih bisa dipasang kembali kemudian lakukan permbersihan memakai solar yang dicampur oli mesin, langkah2nya bisa dibaca dibawah ini. Trik dilakukan jika kondisi part2 masih dirasa layak untuk dipakai, jika kondisi jeroan sudah hancur atau bahkan piston dan cylinder baret2, mau tidak mau ya harus turun mesin ganti part yang baru.

Pertama beli solar cukup satu liter saja, oli mesin baru 4 botol ( beli oli mesin yang murahan saja untuk membilas atau oli mesin bekas yang masih bagus dua btl dan oli baru 1 btl ).

  1. Buang oli mesin yang sudah berubah warna jadi putih, kemudian masukkan setengah botol oli mesin dan setengah liter solar. Hidupkan motor sekitar 3 menit langsam.
  2. Buang oli mesin, tuang lagi setengah botol oli dicampur solar setengah liter, kemudian hidupkan motor sampai 3 menit langsam.
  3. Buang lagi oli mesinnya yang warnanya sudah mulai normal kembali, tuang satu botol oli mesin kemudian motor dihidupkan langsam 3 menit lagi.
  4. Buang oli lagi, tuang lagi satu botol oli mesin kemudian hidupkan kembali motor sampai 3 menit. Kemudian buang oli mesinnya yang tampak normal kembali.
  5. Tuang oli mesin satu botol, ganti oli mesin satu minggu kemudian setelah itu penggantian oli normal kembali sesuai perawatan berkala.

Ketik Komentar Anda