ARIPITSTOP.COM – Salah satu penyakit motor matic adalah ada getaran kencang saat putaran awal atau sering disebut sebagai “gredeg”, berbagai macam dilakukan agar motor berjalan normal, dari spaepart diganti baru namun membutuhkan biaya yang cukup lumayan atau diakalin yang hemat biaya. Salah satunya adalah diakalin dengan cara rumah kopling dibor, namun kalau salah penanganan bukannya sembuh tapi malah tambah parah.

Seperti motor milik bro Rizky Ardiansyah, motor Vario miliknya mengalami gredeg saat tarikan awal. Untuk mengakalinya maka rumah kopling dibor dengan tujuan kampas kopling lebih menggigit dan kotoran terbuang keluar. Sebenarnya cara ini sudah lazim dipakai para mekanik, namun hati2, karena ketika dibor pastikan lobang hasil bor harus dihaluskan sampai benar2 rata permukaannya.

Jika lobang hasil bor tidak rata, saat pertama kali dipasang, penyakit gredeg memang hilang tapi cuma bertahan sebentar saja. Karena kampas koplig justru akan tergerus oleh hasil bor yang kurang rapi. Lihat saja gambar dibawah ini, kampas kopling bagian tengah justru tergerus, alhasil motor jadi gredeg lagi.

Jadi hati2 ketika mau ngebor rumah kopling, pastikan permukaan bagian dalam harus dirapikan sampai benar2 rata.

9 KOMENTAR

  1. Vario 125 istri saya juga “gredeg” tapi dibiarin aja, she tried to live with it.
    Tapi motornya udah dikasihkan ke menantu perempuan dan istri pake lagi Kaze lamanya setelah renov total. Masih jauh lebih enak Kaze dpd Vario katanya.

    Sebenernya Mang Kobay dari kobayogas.com pernah kasih tips supaya motor enggak gredeg, pake kopling modifikasi, tapi belum sempat kami coba.

  2. Artikel ini telah mengembalikan warung ke selera asal. Ciri warung sebelum pasang add.
    Begitu pasang add malah nyomot berita dari portal lain, untung masih ditambahi opini dari pemilik warung. Gak masalah sih, mau nyomot berita dari mana saja asal SELERA ASAL ttp dipertahankan.

Ketik Komentar Anda