ARIPITSTOP.COM – Ada kabar menarik dari balapan WSBK, menjelang balapan di Assen Belanda akhir pekan ini motor Ducati Pnigale V4 R akan mendapatkan pengurangan RPM mesin dan untuk motor lain justru akan ditambah RPM mesinnya karena ini berhubungan dengan kompetitifnya balapan dan sudah diatur dalam regulasi.

Jadi kalau kita melihat balap WSBK di musim 2019 ini terlihat Bautista dengan Ducati Panigale V4 R begitu mendominasi, dari 3 seri balapan yang sudah digelar (Australia, Thailand dan Aragon) ada 9 kali balapan yang digelar dan semuanya dimenangkan oleh Bautista. Bahkan Bautista terlihat tanpa ada perlawanan dari pembalap lain, langsung ngacir sejak start hingga finish.

Dalam regulasi yang sudah diatur di WSBK oleh pihak Dorna bahwa di balapan WSBK juga berlaku konsesi seperti halnya di MotoGP. Bedanya di WSBK, konsesi tersebut berlaku dalam setiap balapan berjalan 3 seri dalam musim yang sama, dibandingkan dengan MotoGP hasil konsesi akan ditotal dan mulai musim berikutnya tim yang mendapatkan konsesi akan hilang keistimewaannya, meskipun ada beberapa hal pengembangan yang diputuskan dalam musim berjalan.

Nach dalam kasus Bautista ini, setiap pabrikan yang finish pertama akan mendapatkan 3 poin konsesi, podium kedua mendapatkan dua poin konsesi dan podium ketiga mendapatkan 1 poin konsesi.

Jika ditotal selama 3 seri yang sudah berjalan di musim 2019 ini, total konsesi yang didapatkan adalah :

  • Ducati : 6 Kali kemenangan ( 20 Poin Konsesi ), Bautista 18 + Davies 2
  • Kawasaki : 6 Kali Finish di Podium 2 ( 13 Poin Konsesi ), Jonthan Rea 12 + Haslam 1
  • Yamaha : 3 Kali Finish di Podium 3 ( 3 Poin Konsesi ), Lowes 2 + Melandri 1
  • BMW : 0 Poin Konsesi
  • Honda : 0 Poin Konsesi

Dan regulasi yang berlaku di WSBK adalah, jika sebuh tim memilik selisih konsesi hingga 9 poin maka tim tersebut akan mendapatkan fasilitas penggantian part atau bisa juga ditambahkan RPM limitnya. Tim yang saat ini bisa mengupgrade partnya adalah Yamaha, BMW dan Honda, Kawasaki belum bisa mendapatkan hak konsesi karena belum selisih 9 poin dari Ducati.

Sementara itu melihat dari regulasi yang sudah diatur oleh pihak FIM dalam Book of Rule. Dalam setiap 3 seri berjalan akan ditinjau mengenai RPM limit, dilansir dari GPOne menginformasikan bahwa saat Ducati Panigale V4 R memiliki RPM limit paling tinggi yang mencapai 16.350 RPM dan kemungkinan akan disunat sebesar 250 RPM di balapan Assen akhir pekan ini, sehingga akan menjadi 16.100 RPM saja.

Sedangkan motor lain akan mendapatkan penambahan limit RPM sebesar 250 RPM, Motor Honda yang saat ini memiliki batas 14.550 akan naik menjadi 14.800 RPM. Kita tunggu saja Apakah pembalap lain akan bisa mengganggu dominasi Bautista di seri Assen Belanda.

2 KOMENTAR

  1. Knapa cuma 250 rpm yah yg disunat, lama lama ngeselin juga aturan darno ini, knapa gak disamakan aja sih sekian, bobot minimum sekian dah bereskan, toh cc juga hampir sama

Ketik Komentar Anda