Beranda BENGKEL Fenomena Baut dan Mur Selalu Tersisa Ketika Bongkar Pasang Bodi Motor

Fenomena Baut dan Mur Selalu Tersisa Ketika Bongkar Pasang Bodi Motor

15

ARIPITSTOP.COM – Sebagai pemilik motor terkadang kita ingin memasang part, aksesoris atau hanya sekedar membersihkan motor dengan cara membongkar cover bodi. Ketika membongkar cover bodi pasti kita ingat2 baut atau mur yang kita lepas tersebut agar tidak lupa posisinya saat memasang nantinya, akan tetapi fakta yang ada selama ini adalah selalu ada baut atau mur yang tersisa padahal semua cover sudah terpasang dan sebelumnya sudah diingat dan dihafalkan ketika proses membongkarnya. Hal ini seperti menjadi fenomena yang sulit terpecahkan.

Ada kalanya memang kita sangat antusias untuk membongkar cover2 bodi motor kita, biasanya sich ketika mau mencuci motor, agar semua bersih luar dalam maka cover bodi dilepasin semua. Hal ini sebenarnya wajar karena memang kita ingin motor dipakai dalam kondisi nyaman meski hanya dengan menjaga kebersihan.

Ketika proses membongkar cover body motor, biasanya kita sambil menghafal posisi baut atau mur yang kita lepas. Tak sedikit orang yang sampai menandai baut yang dilepas agar tidak tertukar di posisi yang lain, akan tetapi fenomena yang ada selama ini adalah, seringnya terjadi baut dan mur yang tersisa.

Faktor utama sudah pasti karena “lupa”, satu sifat manusia yang wajar terjadi, namun fenomena tersisanya baut atau mur tersebut sudah seperti kebiasaan.

Saya sendiri selaku pelaku perbengkelan sudah sering mendapatkan fenomena ketika pemilik motor memberikan baut atau mur pada saat motor dilakukan servis di bengkel, mereka suruh memasang kembali baut yang tersisa tersebut.

“Mas, sekalian minta tolong pasangin baut, kemarin bongkar bodi ada yang ketinggalan bautnya”, itulah kalimat yang sering terdengar oleh saya😂😁😇.

Inilah salah satu keunikan ketika kita mencoba untuk membongkar motor sendiri.

15 KOMENTAR

  1. Klo saya beda lik.. Fenomena baut perlahan lahan hilang 1 demi 1 tiap abis service.. Skor terakhir 6 baut sudah hilang

  2. sama om, ganti shock xmax ke nmax di bengkel DDS cempaka putih malah bukan cuman baut nya kurang banyak, tapi pasang shock breaker juga kurang kenceng muter bautnya. alhasil sepanjang jalan pulang rasanya aneh motor 🙁

  3. Kalo saya servis jupiter mx karbu di bengkel resmi pas baut karburator ketuker2 rembes kemana2 tuh bensin + baut hilang satu

  4. Kalau saya pernah lupa pasang kabel lampu sein, padahal semua body udah kepasang rapih. Mau gak mau bongkar lagi (motor Supra x 125).
    Satu lagi hal yang saya perbuat kalau bongkar motor yaitu baut pada slek malah pernah matahin. Wkwkw

Ketik Komentar Anda

%d blogger menyukai ini: