ARIPITSTOP.COM – Jurnalis asal Jepang yang sedang melakukan pengujian motor sport fairing 250cc di Indonesia merasa kaget, mereka keheranan dan menyimpulkan trek Sentul bahaya ketika mereka melaju tiba-tiba ada dua ekor biawak dan satu ekor anjing melintas di trek sirkuit Sentul. Selain itu mereka juga heran, karena banyak anak kecil di tepi trek dan tukang sapu ketika mereka sedang menggeber motor.

Jurnalis Young Machine yang beberapa waktu lalu melakukan pengetesan motor Kawasaki Ninja 250, CBR250RR, Old R25 dan New R25 merasa keheranan. Hal mereka ungkapkan dalam sebuah artikel yang mengatakan jika trek Sentul dianggap berbahaya karena hewan bebas berkeliaran.

Berikut ungkapan jurnalis Youngmachine dalam artikel mereka :

【おまけ】インドネシアあるある、サーキットに恐竜?!
雨にも降られず、4台フルに乗って新型R25とCBRの対決が見ものだったが、最後に私は言いたい。このテストは非常にデンジャラスだった。まず、コースに恐竜?! のような大きなトカゲがいた。ホームストレートの最高速付近では、オバサマお二人が除草作業中。コースを横切るワンコ、挙句の果てにはコーナーアウト側に子供たちのギャラリーまで、日本のサーキットでは考えられないことのオンパレード! それでも必死に心を鎮めて、新型R25とCBRを全開で比較したのだった……。

” Saat pengetesan tidak ada hujan dan aku bisa melakukan komparasi konfrontasi antara New R25 dan CBR secara full. Namun pada akhirnya aku harus katakan bahwa pengetesan ini sangat berbahaya. Yang pertama kami dikejutkan oleh kehadiran kadal yang besarnya seperti dinosaurus di atas aspal sirkuit. Kemudian pada lintasan lurus ada dua orang sedang menyapu ( dipinggir trek).”

“Seekor Anjing melintas jalur trek, dan pada akhir pertunjukan ada banyak anak bermain di pinggir trek. Sebuah kondisi yang tidak bisa ditoleransi jika ini terjadi di Sirkuit Jepang. Namun demikian, saya mati-matian menenangkan dan membandingkan R25 dan CBR baru dalam konsentrasi penuh ……” 

Yap, jurnalis Jepang mengatakan jika ini terjadi di sirkuit Jepang merupakan hal yang tidak bisa di toleransi karena sangat berbahaya. Bayangkan saja sedang melaju dengan kecepatan tinggi tiba2 ada anjing melintas, kalau tertabrak bisa ngeri itu…

Dan anehnya ketika sedang ada yang melakukan pengujian di trek, ada pegawai sirkuit yang dengan santainya menyapu di pinggir trek, tetntu saja kondisi ini juga membahayakn diri mereka jika saja terjadi sebeah kecelakaan maka nyawa mereka bisa terancam.

Dua kali ada Biawak lewat.

Seekor anjing juga tiba2 melintas.

Pegawai sirkuit sedang menyapu di pinggir trek.

Anak2 bermain di pinggir trek.

10 KOMENTAR

  1. Ha…ha…indo namanya juga indo … Kebudayaan indo hilang masyarakat ga punya prinsip hidup ikut aturan belanda kagak kebudayaan sendiri dibuang alasan kuno … Kurupsi tanpa malu … Malu adalah budaya yang hilang…

  2. positive thinking … aja biar tau Indonesia kaya flora dan fauna .. mreka lewat biar sang wartawan tau, orang yg nyapu dan anak2 membuktikan warga Indonesia itu berani dan tdk takut mati .. sedangkan buat pengemudi buat test ketrampilan dan memacu adrenalin lebih cepat ..

  3. Bahahaa itu sirkuit buat uji nyali gan, kalau udah lulus coba suruh keliling jakarta pake motor apa orang jepun itu berani? 😂

Ketik Komentar Anda