ARIPITSTOP.COM – Ada-ada saja kreativitas petani di tengah kesulitan bercocok tanam.  Unik ketika melihat foto-foto yang menunjukkan selain sebagai alat transportasi, ternyata motor juga bisa dimanfaatkan oleh para Petani sebagai pompa untuk mengairi sawah mereka. Terlihat ada alat seperti keong yang disambungkan ke mesin motor yang kemudian air bisa dipompa ketika motor dihidupkan.

Dari foto2 yang bereda di media sosial yang ternyata pompa alternatif dari motor ini sudah lama dimanfaatkan oleh para petani. Pompa alternatif seperti ini sudah digunakan sejak tahun 2015an yang lalu, kini alat yang pompa tersebut sudah banyak yang jual harganya berkisar 500 ribuan rupiah.

Namun pompa ini bisa digunakan untuk motor 4 Tak saja, karena penggerak pompa yang digunakan disambungkan ke kruk-as sebelah kiri atau menempel di bak magnet. Bisa dilihat dari foto2 dibawah ini.

Keren juga ya… kreatif, tapi memakai pompa dari motor seperti ini juga ada resikonya. Karena pompanya tersambung ke kruk-as sebelah kiri, dan beban berat yang timbul akibat proses memompa, maka kruk-asnya kemungkinan akan lebih cepat oblak yang akhirnya suara motor akan menjadi brisik. Bahkan bisa saja kruk-as motor bisa patah atau bengkok dalam jangka panjang.

Spesifikasi pompa air :

  1. Terbuat dari plastik acrilik khusus dan almini cor
  2. Berat 1,6 kg.
  3. Pipa input output 2 inc
  4. bahan bakar 1 liter bensin 3,5 jam stasioner normal.
  5. Daya isap 8 m lebih
  6. Daya sembur vertikal 8 m lbh
  7. Daya sembur horisontal 75 m lbh.
  8. Pemasangan cukup mudah 3 menit tanpa merubah mesin motor

7 KOMENTAR

  1. kl untuk pompa air saya pernah melihatnya di daerah OKU Timur Sumsel, bukan hanya pompa air kang masih di SUmsel juga kalo di daerah musi banyuasin, suban dan sekitarnya untuk pompa tambang minyak warga.

    • Gak juga mas, sisain sebagian kecil buat kucurin air ke sirip2 blok sama headnya, beres deh..
      Selama nyemprotinnya pas mesin nyala gak bikin material “mulet” atau pun berubah bentuk. Ibarat kata lg makek motor dikala menerjang banjir, nyuss seger.. Tp emang paling aman ya bener pake mesin model radiator..

Ketik Komentar Anda