ARIPITSTOP.COM – Suzuki menjadi salah satu tim pabrikan yang ikut andil dalam melakukan penggugatan soal penggunaan winglet yang ada di swing arm motor yang dipakai Doviziso. Sebelumnya, perangkat tambahan yang terpasang di motor Ducati Desmosedici milik Dovizioso, Danilo Petrucci, dan Jack Miller diprotes oleh empat tim yaitu Honda, KTM, Aprilia, dan Suzuki. Suzuki menilai ada hal yang harus segera diperjelas dalam aturan pemakaian winglet di swing arm tersebut.

“Saya berbicara secara pribadi dengan Ducati dan juga yang lainnya untuk mengekspresikan ketidak puasan kami atas interpretasi mereka,” kata Brivio yang dikutip dari Speedweek.

“Saya sudah mengumumkan sebuah protes resmi jika mereka (Ducati) memutuskan untuk tetap menggunakan komponen baru ini,” tutur Brivio.

Lebih lanjut, Brivio juga menjelaskan alasan mengapa tim Suzuki ikut memprotes perangkat tambahan di motor Ducati Desmosedici itu. Suzuki hanya ingin mengetahui lebih jelas mana yang boleh digunakan dan mana yang tidak boleh digunakan.

“Kami melakukannya untuk memperbaiki situasi ini sekali dan selamanya. Kami berharap sebuah pernyataan jelas dari FIM, direktur teknis, dan semua otoritas terkait. Dengan mengirim protes ini, kami memaksa mereka untuk mengevaluasi, menilai, dan mengklarifikasi apa yang diperbolehkan dan apa yang tidak,” kata dia.

5 KOMENTAR

  1. Alasan yg logis, intinya suzuki minta kejelasan dorna apakah bole makek jg part serupa atau dilarang sama sekali..

    Bau2nya bakal dibolehin nih soale kalo dilarang yaa alamat gak dapet point akibat diskualifikasi..

  2. Yamaha pernah sekali pakai deflector (mau disebut winglet juga bisa sih) di swingarm diperbolehkan oleh FIM khusus untuk race hujan, fungsinya untuk mengurangi cipratan air ke ban belakang, dan tidak ada protes dari team manapun. Aprilia mendevelop winglet yg mirip dgn Yamaha, mau dipakai di race kering, ditolak (dilarang) oleh FIM karena dianggap sebagai aero part. Nah giliran Ducati bikin part yg sama lha kok dibolehin sama FIM (sampai perlu bikin perubahan aturan?) karena Ducati “smart” bilang bahwa ini bukan aero part tapi pendingin ban belakang.
    Entah ini FIM benar2 bodoh maunya dikadalin sama Ducati, atau memang ada hidden agenda buat Ducati menang?

Ketik Komentar Anda