ARIPITSTOP.COM – Winglet yang terpasang di Swing Arm motor Ducati dinilai adalah Ilegal, hal itu dipastikan oleh seorang mantan direktur Ferrari yang kini menjadi CEO di tim pabrikan Aprilia. Massimo Rivola, bersikeras jika winglet yang terpasang di bagian ban belakang motor Desmosedici telah melanggar peraturan.

Sebelumnya, pihak FIM MotoGP telah menolak protes dari empat tim, Honda, Suzuki, KTM, dan Aprilia, serta yang menyatakan jika komponen tesebut dinilai legal dan sah. Kini, Rivola berharap kasus yang telah masuk di pengadilan Banding FIM itu akan menghasilkan keputusan yang adil bagi seluruh tim.

Ternyata sebelum dipakai oleh Ducati, Aprilia sudah mengembangkan teknologi yang serupa, namun ditolak oleh pihak direktur teknis MotoGP, Danny Aldridge.

Aldridge menyatakan jika komponen tersebut hanya boleh dipakai dalam kondisi basah, seperti yang dilakukan Yamaha di Valencia pada musim lalu.

“Dalam balapan terakhir tahun lalu, di Valencia, Yamaha menggunakan sejenis sendok yang terpasang pada swingarm untuk memecah air jika hujan dan dianggap sah dengan alasan keamanan,” kata Rivola dikutip dari Gazzetta dello Sport.

Solusi itu membuka mata kami. Sedemikian rupa sehingga pada awal tahun kami bertanya kepada delegasi teknis apakah kami bisa memakai dan mengembangkan sesuatu di bidang itu, di mana kami tahu ada kinerja yang bisa diperoleh. Jawaban Aldridge pada 19 Februari menegaskan jika komponen serupa hanya dapat dipasang pada kondisi basah, dan itu menyebabkan kami tidak memakainya,” ucapnya lagi.

Terkait tudingan Ducati yang menyebut jika protes yang dilayangkan pada hasil MotoGP Qatar lalu berbau politis, Rivola membantahnya dengan tegas.

“Kami tidak melakukan tindakan terhadap Ducati, kami tidak ingin membuat marah siapa pun. Yang aku temukan serius adalah bahwa email di mana kami ditolak solusi yang sama bertanggal 19 Februari, dan setelah seminggu [2 Maret] ada satu lagi yang jelas dipelajari panjang lebar oleh Ducati.”

Pria asal Italia itu menjelaskan jika winglet yang dipakai Dovizioso sangat jelas mampu menghasilkan manfaat aerodinamis.

“Apa elemen ini, cukup mudah untuk dikerjakan? Sebuah studi sederhana tentang dinamika fluida menunjukkan bahwa semua yang Mereka (Ducati) lakukan di depan memiliki efek pada apa yang ada di belakang. Di daerah ini udaranya sangat cepat, jika kamu memasang winglet, itu menghasilkan beban. Sepertinya tidak banyak yang dibahas. Winglet tidak dapat bergerak. Ini tidak dengan sendirinya, tetapi jika kamu memasangnya ke swingarm yang bergerak, itu memiliki efek yang berbeda tergantung pada apakah kau mengerem atau tidak.” pungkas rivola.

3 KOMENTAR

  1. Wah wah wah ternyata yg politis ducati dengan dani aldrich, aprilia punya ide yg sama ditolak, sedang duckduck dibolehkan, standar janda ini mah..

Ketik Komentar Anda