ARIPITSTOP.COM – Panik ketika tidak bisa menyalakan motor Honda PCX 150, padahal motor baru belum ada satu minggu dikirim dari dealer, remote masih menyala dan ketika tombol dipencet juga masih ada koneksi berupa knob nyala ada suara, tetapi yang jadi masalah adalah knobnya tidak bisa diputar, otomatis motor tidak bisa dinyalakan. Lalu apa yang salah ?, padahal motor baru.

Yap, kejadian ini saya alami kemarin ketika bermaksud mau menghidupkan motor yang sudah tiga hari tidak dinyalakan sejak motor Honda PCX 150 dikirim ke rumah. Remote saya ambil kemudian saya pencet tombol yang bergambar motor, dan motor juga merespon dengan knob langsung menyala biru dan bersuara “tit-tit’, akan tetapi ketika saya mau memutar knobnya ternyata knob tidak mau diputar, saya coba agak ditekan ternyata tidak mau berputar juga. Agak panik ketika pertama kali menemukan permasalahan ini, saya coba pencet2 remote selalu konek ke motor tetapi lagi2 knob tidak mau berputar.

Setelah berfikir sejenak, akhirnya saya ingat bahwa salah satu permasalahan yang sering timbul pada motor yang memiliki fitur keyless atau smart key system adalah batery cepat habis.

Motor baru tiga hari dikirim dari dealer tetapi kenapa batery remote sudah habis ?, pertanyaan ini langsung terjawab ketika sang istri mengatakan kalau setelah motor datang, ternyata dua remote yang didapat ketika membeli motor baru tersebut dimainkan oleh anak, dipencet2 karena keasikan.

heheheheheeee…. dapat mainan baru akhirnya remote dibuat mainan terus, dan ketika anak saya memainkan remote motor tersebut ternyata kondisi remote selalu dalam kondisi ‘ON’, karena jika remote dalam kondisi ‘ON’ maka batery akan selalu tersedot setrumnya.

Inilah pelajaran penting buat para pemilik motor yang memiliki fitur keyless agar tidak lupa untuk mematikan remote agar batery awet.

Yap, langsung dech meluncur ke toko elektronik untuk beli batery remotenya, batery remote Honda PCX 150 yaitu tipe CR2032. Harga baterainya sendiri cukup terjangkau, sekitar Rp. 10.000 dan mudah dijumpai di toko online maupun toko jam dan perlengkapan tulis kantor. Proses bongkar pasang remote juga mudah untuk dilakukan sendiri, dalam keadaan darurat bisa gunakan kuku tangan atau pakai obeng minus dilapis kain lap jika ada. Saya sarankan untuk selalu membaya batery remote cadangan di motor kita untuk berjaga2 saja.

Berikut video review serta tutorial remote keyless Honda PCX 150 bermasalah, video via hp klik disini.

9 KOMENTAR

  1. Bisa jadi bukan batre bro… 😃
    Karena kejadian sama saya beberapa hari yang lalu. Ternyata masalah nya ada di tombol remote paling bawah (tombol yang paling jauh dari lampu kecilnya remote). Jika tombol itu ditekan lama, maka akan muncul lampu berkedip warna merah, dalam kondisi ini remote jadi tidak berfungsi/tidak memberikan sinyal ke motor.
    Mengembalikan fungsinya dengan cara yang sama, yaitu menekan tombol tersebut yang lama sampai muncul lampu hijau berkedip. Maka remote akan kembali memberi sinyal ke motor.

    Just share untuk newbie.

  2. Kalo terjadi saat malam hari saat mau pulang rumah dah kemalaman gak ada toko buka…. Wauw baru tahu punya motor keles

Ketik Komentar Anda